Kue Bulan di Pekanbaru Pecahkan Rekor MURI

Kue Bulan di Pekanbaru Pecahkan Rekor MURI
ilustrasi

Kue Bulan di Pekanbaru Pecahkan Rekor MURIPEKANBARU - Hari ini, Sabtu (21/9), puncak perayaan Zhong Qiu Jie atau festival pertengahan musim gugur di Kota Pekanbaru, Riau. Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Riau akan menampilkan makanan khas kue bulan dengan ukuran super jumbo yang akan memecahkan rekor Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI).

Kue bulan merupakan makanan khas saat festival pertengahan musim gugur. Kue bulan yang akan memecahkan rekor ini selebar 138,8 centimeter, tinggi 48 centimeter dan berat 880 kilogram. Untuk membuat kue bulan tersebut diperlukan waktu satu bulan dengan melibatkan 30 chef. Rekor kue bulan sebelumnya mempunyai lebar 120 centimeter dan tinggi 40 centimeter.

Ketua PSMTI Riau, Peng Suyoto B Com mengatakan, pemecahan rekor MURI akan dilaksanakan di Kampung Tionghoa-Melayu, Sabtu mulai pukul 17.00 WIB. Terdapat juga kegiatan lainnya, mulai pawai budaya Zhong Qiu, panggung gembira, atraksi barongsai, naga, festival lampion, mobil hias, pernak-pernik Tionghoa dan lainnya.

"Rencana pemecahan rekor MURI ini sudah dimulai tahun kemarin. Kita membuat kue bulan dengan ukuran besar. Pada saat tersebut kita menampilkan kue bulan terlebar, yaitu 150 centimeter," tutur Peng kepada Metro Riau.

Dijelaskannya, kue bulan yang pembuatannya menghabiskan dana puluhan juta tersebut akan diarak pada pawai budaya dengan melewati Jalan Juanda, Ahmad Yani, M Yamin dan Jalan Jenderal Sudirman. "Kemudian kue bulan akan kita bagikan kepada masyarakat yang hadir," terangnya.

Peng Suyoto berharap perayaan Festival Zhong Qiu di Pekanbaru yang pada tahun ini memecahkan rekor MURI dapat menarik wisatawan lokal dan mancanegara. "Kegiatan kita laksanakan setiap tahun. Masyarakat umum sangat antusias menyaksikan budaya yang ditampilkan," jelasnya.

Dalam kegiatan pawai budaya, lanjutnya, melibatkan siswa-siswa sekolah umum. Hadir juga berbagai paguyuban Tionghoa yang ada di Pekanbaru.

Ditambahkannya, pemecahan rekor MURI sekaligus dalam menyambut even Musyawarah Nasional (Munas) V PSMTI yang dilaksanakan pada 4-7 Oktober mendatang. (rep05/mtr)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index