Design Fly Over Simpang SKA Sedang Disiapkan

 Design Fly Over Simpang SKA Sedang Disiapkan


PEKANBARU-Setelah sukses mengurai kemacetan di Jalan Sudirman, Pemerintah Provinsi Riau kembali berencana membangun fly over (jalan layang,red) di persimpangan Jalan Tuanku Tambusai- Jalan Soekarno Hatta atau mal SKA. Proyek fly over yang bakal dibangun tahun 2014 ini, diharapkan bisa membantu mengurangi kemacetan lalu lintas yang terjadi setiap harinya dipersimpangan tersebut.
 
Hal ini terungkap dalam ekspos Detail Design yang dilakukan Kepala Dinas PU Provinsi Riau, SF Hariyanto bersama Walikota Pekanbaru, Firdaus MT, Selasa (17/9) di Kantor Dinas PU Riau, Jalan SM Amin. Turut hadir dalam ekspos ini konsultan perencanaan, sejumlah perwakilan instansi tekhnis seperti Dinas Perhubungan dan Dirlantas Polda Riau.

Dalam eskpos tersebut juga terungkap dua model fly over yang bakal dibangun di persimpangan SKA tersebut. Salah satunya adalah tipe Semanggi parsial B 4 Kuadran. Tipe fly over ini berbeda dengan yang pernah dibangun oleh Dinas PU sebelumnya, yakni fly over Jalan Sudirman-Tuanku Tambusai dan fly over Sudirman-Imam Munandar. Dari namanya, tentu sudah tersirat bahwa fly over yang masuk dalam perencanaan Dinas PU ini sebagai duplikat dari jembatan layang Semanggi yang berada di Jakarta.

Namun, untuk yang akan dibangun ini, ukuran sedikit lebih 'mini'. Artinya, Dinas PU bakal membangun duplikat fly over semanggi versi mini. "Ini masih dalam tahap perencanaan yang akan kita tawarkan pada tahun 2014 nanti," ujar SF Hariyanto.

Dalam ekspos ini, konsultan perencana dari PT Desain Cipta Indonesia menyatakan, keberadaan fly over di persimpangan ini sudah sangat layak untuk dibangun. Salah satu pertimbangannya adalah volume kendaraan yang sangat padat dan kerap menimbulkan kemacetan panjang, terutama pada saat jam sibuk seperti pagi, siang dan sore hari.

Fly over ini jauh berbeda dengan yang pernah ada di Pekanbaru. Jika fly over sebelumnya hanya berbentuk lurus ditambah ukiran khas melayu pada dinding pembatasnya, maka fly over kali ini akan berbentuk seperti yang banyak dibangun di kota-kota metropolitan seperti Jakarta.

"Jembatannya akan membentang diatas jalan Soekarno-Hatta, dan disisi kiri dan kanan akan dilengkapi ring, untuk pengendara yang akan berbelok kesisi jalan diseberangnya. Fly over ini juga kita bangun dengan konsep tanpa ada traffic light atau lampu merah," tandasnya. (rep05)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index