Rumah Sakit Dibombardir Jet Suriah, 11 Orang Tewas

Rumah Sakit Dibombardir Jet Suriah, 11 Orang Tewas
Damaskus - Jet tempur Suriah membombardir salah satu rumah sakit utama untuk melayani pemberontak di utara negara. Demikian keterangan kelompok oposisi melalui Aleppo Media Centre dan gambar video yang mereka unggah, Kamis, (12/9).
 
Gempuran udara, Rabu, (11/9), menyebabkan 11 warga sipil tewas termasuk dua dokter saat bertugas di rumah sakit yang terletak di Kota al-Bab, berjarak 30 kilometer sebelah timur laut Kota Aleppo.
 
Gambar video yang diunggah di YouTube menunjukkan seorang bocah pincang digotong oleh pria keluar dari rumah sakit. Video lainnya nampak beberapa tubuh tergeleak di lantai, darah mengucur dari kepalanya dan debu menutupi tubuhnya.
 
Dalam video juga terlihat debu berhamburan menyesaki udara, berikut puing-puing bangunan berserakan, penyejuk udara pun bergeletakan di lantai. Aleppo Media Centre mengatakan, ruang gawat darurat dan radiologi hancur berantakan disikat serangan udara.
 
Menurutnya, jet-jet tempur Suriah membobardir sekolah-sekolah warga sipil, rumah sakit, dan toko roti - hal yang dianggap melanggar hukum perang- semenjak konflik yang telah berlangsung selama dua setengah tahun dimulai dengan unjuk rasa kelompok pro-demokrasi menentang kekuasaan keluarga Assad yang berlangsung selama empat dekade. Akibat konflik tersebut lebih dari 100 ribu orang telah tewas.
 
Pemerintahan Suriah tidak bersedia berkomentar doa serangan tersebut tetapi kantor berita milik pemerintah SANA pada Kamis, (12/9),  seperti dilansir Tempo.co mengatakan, Angkatan Bersenjata telah membunuh 14 "teroris" -sebuah terminologi untuk para pemberontak- di utara al-Bab dalam sebuah operasi konvoi militer. (rep03)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index