Suriah: Serangan AS Picu Perang Dunia III

 Suriah: Serangan AS Picu Perang Dunia III

 DAMASKUS -- Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Suriah, Faisal Muqdad menyatakan rezim Suriah akan mengambil tindakan untuk merespons serangan AS ke negaranya. Meskipun Perang Dunia III meletus, Muqdad bakal konsisten dengan posisinya.

"Pemerintah Suriah tidak akan mengubah posisinya meskipun ada Perang Dunia III. Tidak ada warga Suriah yang mengorbankan kemerdekaan negaranya," kata Muqdad dilansir Al-Arabiya, Kamis (5/9).

Muqdad mengatakan rezim akan memobilisasi sekutunya. Hal itu dilakukan setelah Presiden AS Barack Obama melobi Kongres untuk mendukung intervensi dan adanya perdebatan di parlemen Prancis terkait Suriah.

Obama mengeluarkan tantangan kepada parlemen AS yang menyatakan jika mereka tidak menyerang Suriah, AS menempatkan kredibilitasnya pada risiko.

Dalam kunjungannya ke Swedia, Obama menegaskan masyarakat internasional tidak bisa berdiam diri melihat serangan senjata kimia pada 21 Agustus di Suriah.

AS menuduh serangan itu dilancarkan pasukan pemerintahan Bashar al-Assad. Prancis yang merupakan sekutu AS, memperingatkan tidak adanya tindakan melawan AS akan membahayakan keamanan dan perdamaian regional.

"Tidak adanya tindakan akan membahanyakan perdamaian dan keamanan di seluruh wilayah. Bagaimana kredibilitas komitmen internasional melawan non-proliferasi senjata pemusnah massal termasuk senjata nuklir ini dipertaruhkan," kata Perdana Menteri Prancis, Jean-Marc Ayrault. (rep05)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index