Ratusan Ribu Penonton Saksikan Pacu Jalur di Kuansing

 Ratusan Ribu Penonton Saksikan Pacu Jalur di Kuansing

TELUK KUANTAN - Pacu Jalur Tradisional Even Nasional 2013 resmi dibuka Wakil Gubernur Riau HR Mambang Mit, Kamis (22/8), di Lapangan Limuno, Kota Teluk Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing). Dari 128 jalur yang berlaga di hari pertama, 64 jalur berhasil melaju ke hari kedua, Jumat (23/8) ini. Sedangkan 64 jalur lainnya harus pulang kandang lebih awal.

Pacu jalur hari pertama, selain disaksikan Wagubri HR Mambang Mit, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Riau Johar Firdaus, Kepala Kepolisian Daerah Riau Brigadir Jenderal Polisi Condro Kirono, Komandan Korem 031/Wirabima Brigjen (Tentara Nasional Indonesia) Teguh Raharjo, Kepala Kejaksaan Tinggi Riau Edy Rakamto dan Bupati Kuansing H Sukamis, juga disaksikan ratusan ribu penonton yang memadati arena pacuan di Tepian Narosa yang bergengsi itu.

Sukarmis menyatakan, pacu jalur merupakan aset masyarakat Kuansing yang sudah digelar secara turun temurun dan akan terus dipertahankan. Menurutnya, selain pacu jalur tradisional juga dilaksanakan sejumlah kegiatan seperti Festival Kesenian Daerah, Apresiasi Kesenian Daerah Kabupaten/Kota, Pacu Jalur Mini Tradisional dan Pawai Budaya.

Mambang Mit pada kesempatan ini mengaku terharu dan bahagia karena mendapat sambutan yang luar biasa dari warga Kuansing. "Alhamdulillah saya bersama Ketua DPRD, Kapolda, Danrem dan Kajati mendapat sambutan antusias," ujarnya.

Diakui Mambang, pelaksanaan pacu jalur tahun ini lebih semarak dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini membuktikan tekad dan semangat yang luar biasa dari Pemkab bersama warga Kuansing dalam mempertahankan dan mengembangkan budaya pacu jalur selama ini.

Menurutnya, pacu jalur saat ini tidak lagi milik masyarakat Kuansing semata, melainkan telah milik masyarakat Riau dan Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan masuknya pacu jalur sebagai kalender wisata nasional dan Riau. Pacu jalur tidak hanya disaksikan warga Kuansing, tapi juga warga Riau, provinsi tetangga bahkan mancanegara.(rep05)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index