Luar Biasa, Buku Tutorial Hijab Diserbu Pembaca

Luar Biasa, Buku Tutorial Hijab Diserbu Pembaca

Jakarta-Gaya berjilbab yang semakin atraktif dengan aneka selendang maupun kerudung, membuat para perempuan berkerudung pun ingin mengaplikasikannya. Maka lahirlah aneka tutorial, mulai dari yang gratis di jejaring video youtube, atau blog-blog hingga berbayar dalam acara seminar maupun buku laris diminati.

"Sebenarnya dimulai sejak 8 tahun lalu, cuman gayanya sekarang tambah berkembang," kata Nana Lystiani, Editor PT. Gramedia Pustaka Utama dalam peluncuran buku Simple Hijab for Office Wear" by Ina Binandari di Kinokuniya, Plaza Senayan, Rabu 31 Juli 2013.

Tahun ini Gramedia saja sudah meluncurkan 30 judul buku. Naik lima judul dari tahun sebelumnya. Nana menuturkan bahwa di pasaran saat ini ada sekitar 100-150 judul buku tentang tutorial hijab. "Angka itu belum bisa dibilang banyak ya, mengingat jumlah umat muslim di Indonesia," ujar dia. Apalagi cetakannya antara 8 ribu hingga 20 ribu.

Yang unik, Nana menambahkan, penjualan tutorial hijab ini justru laku di toko busana muslim atau toko jilbab. Bukan di toko buku pada umumnya. "Sebab presepsi orang Indonesia terhadap toko buku itu ya jual buku pelajaran," kata dia. Sehingga jurus jitunya justru menjual dengan toko yang ada kaitannya dengan produk dalam buku tersebut. "Intinya adalah connecting dengan usernya lebih cepat," ujar Nana.

Buku-buku tutorial tersebut tak hanya laku di Indonesia, ternyata negeri jiran seperti Malaysia, Brunai dan Singapura pun juga menggemari karya jilbab Indonesia. Sebab menurut Nana, jilbab dari Indonesia itu sederhana, penuh warna tapi tidak mencolok. Pembelinya dari segala usia. "Kecuali nenek di atas 50 tahun kali ya," kata dia dengan tawa renyahnya.

Desainer dari elzatta Hijab Ina Binandari menuturkan, masih banyak gaya yang bisa dikembangkan dari kerudung dan selendang. Apalagi perempuan berjilbab di Indonesia tidak dibatasi aktivitasnya. Jadi banyak yang bisa dibuat gayanya tergantung acaranya seperti pesta, kuliah, travelling hingga ke kantor. "Kalau saya suka gaya yang sederhana tapi tetap chic," kata perempuan yang akan meluncurkan tiga buku tutorial hijab lagi ini.(rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index