AS Mata-matai Internet, Ribuan Warga Jerman Protes

AS Mata-matai Internet, Ribuan Warga Jerman Protes

BERLIN-Ribuan orang menentang tindakan Amerika Serikat yang memata-matai internet. Pada Sabtu (27/7), mereka turun ke jalan di seluruh Jerman guna memprotes tindakan AS itu.

Pemrotes juga menyuarakan dukungan bagi pembongkar rahasia intelijen AS, Edward Snowden, yang mengungkapkan Dinas Keamanan Nasional AS (NSA) memantau saluran telepon dan hubungan data Internet di Jerman serta memata-matai markas Uni Eropa (UE).

Tanpa mempedulikan temperatur yang mencapai 36 derajat Celsius di beberapa wilayah, pemrotes di lebih dari 30 kota besar ikut dalam demonstrasi tersebut. Aksi itu diselenggarakan oleh satu organisasi yang bernama "Stop Watching Us".

Pertemuan terbuka terbesar diselenggarakan di Frankfurt, yang dihadiri sebanyak 1.000 pemrotes, kata media setempat, seperti dilansir dari Xinhua, Ahad (28/7).

Laporan belum lama ini mengenai kegiatan mata-mata yang tersebar luar telah menyulut kemarahan di Jerman, yang sensitif terhadap kerahasiaan. Kurang dari separuh orang Jerman memandang AS sebagai mitra yang bisa dipercaya akibat laporan itu, demikian hasil jajak pendapat yang disiarkan awal Juli.

Kanselir Jerman Angela Merkel, yang menghadapi tekanan politik, kembali telah mengatakan, "Hukum Jerman harus dipatuhi di wilayah Jerman." Ia juga menyatakan Jerman bukan negara yang berada di bawah pengawasan.

Partai oposisi Jerman telah mengecam pemerintah koalisi Kanselir Merkel sehubungan dengan caranya menangani program mata-mata luas Amerika Serikat di Jerman. Sementara itu, kemarahan masyarakat tak memperlihatkan tanda mereda jelang pemilihan umum siap diselenggarakan pada September. (rep05)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index