Hamilton Raih Kemenangan Pertama Musim Ini

Hamilton Raih Kemenangan Pertama Musim Ini

Mogyorod - Lewis Hamilton keluar sebagai juara di GP Hongaria di Sirkuit Hungaroring, Minggu (28/7/2013). Kemenangan tersebut pun menjadi kemenangan pertamanya di musim 2013 ini.

Sebelumnya, Hamilton sudah tiga kali mendapatkan pole position, namun selalu gagal jadi juara. Pada kesempatan pole-nya yang keempat, dia akhirnya sukses menjadi juara. Ini juga jadi kemenangan pertamanya selama membalap untuk Mercedes.

Mengawali balapan dengan baik, dia sempat mendapatkan persaingan dari Sebastian Vettel di awal-awal balapan. Namun, pada akhirnya dia berhasil menjaga jarak dan akhirnya keluar sebagai juara.

Jalannya Balapan

Lewis Hamilton mengawali balapan dengan baik. Start dari posisi terdepan, pebalap asal Inggris itu tancap gas dan berhasil mempertahankan posisinya. Sementara itu Sebastian Vettel juga berhasil mempertahankan posisi dua, kendati Romain Grosjean berusaha menyalipnya sampai tikungan pertama.

Hamilton mulai membuat jarak dengan Vettel di lap kedua. Hamilton unggul 0,7 detik atas pebalap Red Bull itu. Sementara itu, Fernando Alonso --yang start dari urutan kelima-- naik ke urutan empat.

Jarak antara Hamilton dan Vettel kemudian melebar menjadi 0,9 detik di lap keempat. Sedangkan Grosjean masih setia menguntit kedua pebalap tersebut dari urutan ketiga. Ada jarak sekitar 1,1 detik antara Vettel dan Grosjean.

Di belakang barisan terdepan itu, Jenson Button membuat pergerakan menarik. Driver McLaren tersebut naik lima peringkat dari posisi ke-13 ke posisi delapan. Sedangkan Hamilton terus melebarkan jarak dengan Vettel.

Alonso masih ada di urutan ketiga ketika balapan memasuki lap ketujuh. Namun, dia tertinggal cukup jauh di belakang Grosjean yang berada di posisi ketiga, yakni sekitar 8 detik.

Memasuki lap kesembilan, Hamilton sudah unggul 1,6 detik atas Vettel. Sementara Vettel unggul 0,8 detik atas Grosjean.

Kondisi ini terus berlangsung sampai lap ke-10, ketika Hamilton masuk pit. Hamilton kemudian keluar di belakang Button. Vettel pun memimpin jalannya balapan.

Namun, itu tidak berlangsung lama. Pada lap ke-12, Vettel juga masuk pit sehingga membuat Grosjean mengambil alih pimpinan balapan. Vettel kemudian keluar pit dengan berada di belakang Button dan Hamilton.

Grosjean masuk pit tidak lama kemudian, yakni di lap ke-13, dan masuk ke lintasan dengan berada di belakang Vettel.

Keadaan pun menjadi menarik. Vettel berusaha keras untuk bisa melewati Button yang berada di depannya. Sementara, di belakangnya Grosjean juga mengintai untuk menyalip.

Pada lap ke-21, posisi pemimpin balapan dipegang oleh Mark Webber. Sementara Hamilton mengincar di belakangnya. Vettel sendiri masih kesulitan untuk melewati Button. Hal ini pun sedikit banyak menguntungkan Hamilton.

Pada lap ke-23, Webber masuk pit dan Hamilton kembali memimpin balapan. Webber kemudian kembali ke lintasan dengan berada di posisi keenam.

Vettel akhirnya bisa melewati Button pada lap ke-24. Sial bagi Button, posisinya kemudian juga dilewati oleh Grosjean, dan dia pun terpaksa keluar lintasan karenanya.

Hamilton terus memimpin jalannya balapan. Sampai lap ke-31, dia unggul 12 detik atas Vettel. Alonso ada di posisi ketiga, Webber keempat, dan Raikkonen kelima. Di mana Grosjean? Dia berada di urutan keenam dan sempat membukukan fastest lap.

Pada lap ke-35, Vettel dan Alonso masuk pit, membuat Hamilton kian leluasa untuk memperbesar keunggulan. Vettel kemudian masuk lintasan lagi dengan berada di belakang Button.

Pada lap ke-37, Vettel menggunakan DRS-nya untuk melewati Button. Dia kini berada di posisi kelima. Sementara itu, Grosjean mendapatkan drive-through penalty akibat insiden-nya dengan Button. Insiden kedua pebalap ini kemudian akan diselidiki setelah balapan.

Sampai lap 50-an, posisi Hamilton tidak terkejar oleh pebalap-pebalap di belakangnya. Vettel kemudian berada di posisi dua lagi. Tetapi dia sempat unggul 12 detik atas pebalap Red Bull tersebut.

Memasuki lap 60-an, posisi berubah lagi. Kali ini Raikkonen berhasil menempati posisi kedua dan Vettel berada di belakangnya. Keduanya pun terlibat duel seru untuk bisa finis di urutan kedua. Namun, Vettel tampak kesulitan untuk melewati Raikkonen.

Pada akhirnya, Hamilton sukses mengakhiri balapan sebagai juara. Sementara Raikkonen finis di urutan kedua dan Vettel ketiga.(rep2)

Hasil Balapan GP Hongaria

1. Hamilton (Mercedes) 1:32:09,143
2. Raikkonen (Lotus-Renault) +00:10,9
3. Vettel (Red Bull-Renault) +00:12,4
4. Webber (Red Bull-Renault) +00:18,0
5. Alonso (Ferrari) +00:31,4
6. Grosjean (Lotus-Renault) +00:32,2
7. Button (McLaren-Mercedes) +00:53,8
8. Massa (Ferrari) +00:56,4
9. Perez (McLaren-Mercedes) +1 lap
10. Maldonado (Williams-Renault) +1 lap
11. Hulkenberg (Sauber-Ferrari) +1 lap
12. Vergne (Toro Rosso-Ferrari) +1 lap
13. Ricciardo (Toro Rosso-Ferrari) +1 lap
14. van der Garde (Caterham-Renault) +2 lap
15. Pic (Caterham-Renault) +3 lap
16. Bianchi (Marussia-Cosworth) +3 lap
17. Chilton (Marussia-Cosworth) +3 lap

Tidak Finis

Di Resta (Force India-Mercedes)
Rosberg (Mercedes)
Bottas (Williams-Renault)
Gutierrez (Sauber-Ferrari)
Sutil (Force India-Mercedes)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index