Diskes Ajak Warga Tingkatkan Pola Hidup Sehat

Diskes Ajak Warga Tingkatkan Pola Hidup Sehat

PELALAWAN - Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Pelalawan mengimbau masyarakat menjaga pola makan yang baik dengan menerapkan pola hidup sehat. Apalagi, selama bulan puasa, pola konsumsi makanan dan minuman warga sulit dikendalikan, terlebih lagi selama lebaran nanti. Sebab, kasus diare semakin meningkat belakangan ini.

Demikian hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes), Drs Darwis Alkadam M Si melalui Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Diskes, H Asril S KM M Kes, Jumat (26/7).

Dikatakannya, bahwa berdasarkan laporan masing-masing puskesmas di 12 kecamatan, peningkatan kasus diare naik 10 persen dari bulan Juni lalu, dengan rata-rata sebanyak 22 kasus.

"Ya, selama beberapa hari pelaksanaan ibadah puasa ini, kasus diare di masing-masing kecamatan di Negeri Bono ini mengalamivpeningkatan yang dari sebelumnya hanya berjumlah 15 kasus meningkat menjadi 22 kasus," terangnya.

Dijelaskan Asril yang juga menjabat sebagai Plt Sekretaris Diskes Pelalawan ini, bahwa peningkatan kasus diare tersebut terjadi disebabkan akibat masyarakat tidak menjaga pola makan sehat dan baik selama pelaksanaan ibadah puasa.

"Selama pelaksanaan ibadah puasa ini kan padagang musiman atau pedagang dadakan membanjiri tempat keramaian untuk menjajakan berbagai macam aneka makanan dan minuman. Dan masih banyak masyarakat yang kurang mengetahui makanan dan minuman apa yang baik dikonsumsi
untuk berbuka puasa, sehingga setelah selesai berbuka puasa banyak masyarakat yang mengalami diare akibat mengkonsumsi makanan yang kurang baik dan ekstrim," bebernya.

Untuk itu, sambung Asril, guna menjaga kesehatan pencernaan perut yakni usus dan lambung, maka pihaknya menghimbau masyarakat harus dapat menerapkan pola makan  yang baik dan wajar. Dengan hal tersebut, sehingga kesehatan lambung dan usus terjaga, serta dapat beradaptasi dengan kondisi puasa.(rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index