Ini Dia Penyebab Kenapa Listrik di Riau Sering Mati

Ini Dia Penyebab Kenapa Listrik di Riau Sering Mati

PEKANBARU - Humas PLN Wilayah Riau dan Kepri, Syaiful Jum'at (19/7/13) mengatakan bahwa kondisi beberapa pembangkit listrik tenaga air PLN di interkoneksi Sumatera mengalami penurunan. Seperti di Danau Singkarak yang menjadi tenaga bagi PLTA Ombilin, di PLTA Koto Panjang, PLTA Asahan maupun di Batang Hari Jambi.

Berkurangnya debet air di dua danau tersebut, menurut Syaiful karena musim kemarau yang melanda dua provinsi itu. "Untuk mengakali supaya pemadaman tidak terjadi pada malam hari di saat banyak masyarakat yang menjalankan ibadah, kita mengatur debit air PLTA. Caranya, siangnya kita tampung agar malamnya mampu menggerakan tiga turbin yang ada di PLTA," terangnya dilansir riauterkini.com.

Hal senada dikatakan Kepala Divisi Humas PLN Wilayah Sumbar, Ridwan di Padang. Ia mengatakan, saat ini pembangkit listrik tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, karena adanya krisis debit air, seperti di PLTA Danau Singkarak dan Maninjau, demikian juga dengan Koto Panjang, sehingga pemadaman dapat saja terjadi.

"Penyusutan debit air di danau tersebut tentu berpengaruh terhadap pemenuhan kebutuhan pasokan listrik bagi pelanggan tidak hanya di Sumbar, namun juga Jambi, dan Riau," kata Ridwan.

Dia menambahkan, namun demikian, karena saat ini adalah bulan Ramadhan, dan kegiatan keagamaan meningkat, maka jika terjadi pemadaman akan diusahakan pada siang hari, dan dihindari pada malam hari.(rep2)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index