Ribuan Rakyat Spanyol Tuntut Perdana Menteri Mundur

Ribuan Rakyat Spanyol Tuntut Perdana Menteri Mundur

MADRID - Ribuan orang di Spanyol turun ke jalan-jalan di ibukota Madrid untuk menggelar aksi demo. Mereka menuntut pengunduran diri Perdana Menteri (PM) Mariano Rajoy atas dugaan skandal korupsi.

Aksi demo antipemerintah itu digelar pada Kamis (18/7) waktu setempat. Aksi protes dilakukan setelah Rajoy mengabaikan seruan para anggota parlemen dari kubu oposisi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai skandal korupsi di parlemen. Demikian seperti dilansir detikcom, Jumat (19/7).

Sebelumnya pada Minggu, 14 Juli 2013 waktu setempat, kepala oposisi partai Sosialis Alfredo Perez Rubalcaba meminta Rajoy meletakkan jabatannya. Hal ini disampaikan setelah munculnya pemberitaan bahwa Rajoy menerima uang suap sewaktu menjadi menteri pada akhir tahun 1990-an silam.

Pada 9 Juni lalu, harian Spanyol, El Mundo memuat pemberitaan seputar skandal korupsi yang melibatkan Rajoy dan pejabat-pejabat senior lainnya dari partai berkuasa, People’s Party (PP). Media itu mempublikasi dokumen yang menunjukkan nama-nama Rajoy dan anggota PP lainnya serta jumlah uang yang mereka terima masing-masing.

Sebelumnya pada Januari lalu, tuduhan korupsi terhadap Rajoy juga dimuat surat kabar Spanyol, El Pais. Pemberitaan itu memicu aksi-aksi demo menentang Rajoy dan oposisi pun menyerukan pengunduran diri PM Spanyol itu. Namun Rajoy dan pejabat-pejabat PP telah berulang kali membantah tuduhan korupsi itu. (rep05)



 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index