Penerapan Kurikulum 2013 Dinilai belum Optimal

Penerapan Kurikulum 2013 Dinilai belum Optimal

PELALAWAN - Penerapan kurikulum 2013 di 16 sekolah sasaran yang ada di Kabupaten Pelalawan dan dijadwalkan serentak dipastikan belum optimal. Pasalnya, sampai saat ini pihak Disdik Pelalawan belum menerima seluruh buku paket mata pelajaran kurikulum baru tersebut. Pihak dinas saat ini baru menerima buku paket 3 mata pelajaran untuk SMP, sementara buku untuk SD dan SMA belum sampai.

"Meski bukunya belum datang semua, mudah-mudahan tak ada kendala yang berartilah. Apalagi kan masih suasan Ramadhan, jadi kegiatan sekolah belum full. Selain itu, sekolah yang menjadi sasaran penerapan kurikulum 2013 ini semuanya sudah mengikuti pelatihan, baik di Pekanbaru maupun Medan," terang Kadisdik Pelalawan MD Rizal,M.Pd melalui Kabid Kurikulum Salbiyah S Pd, Rabu (17/7).
 
Sampai kemarin terang Kabid Kurikulum Disdik lagi, pihaknya baru menerima 3 buku mata pelajaran untuk tingkat SMP. "Ya memang baru buku untuk SMP 3 mata pelajaran saja yang baru diterima. Sedangkan untuk SD dan SMA belum sampai. Mudah-mudahan juga dalam waktu dekat segera sampai dan segera didistribusikan ke sekolah-sekolah," jelasnya.

Salbiyah mengatakan bahwa untuk penerapan kurikulum baru 2013 ini memang tidak seluruh sekolah di Kabupaten Pelalawan yang mendapatkan amanah ini. Dan untuk penentuan sekolah itu bukan dari Disdik Pelalawan tapi langsung dari pusat. Untuk tahun pertama
pemberlakukan kurikulum baru itu di Kabupaten Pelalawan hanya 16 sekolah yang menjadi sasarannya.

"Ke 16 sekolah itu masing-masing dari tiga jenjang yakni SD, SMP dan SMA. Untuk tingkat SMA yaitu, SMAN 1 Pangkalan Kerinci, SMAN 2 Pangkalan Kerinci, SMKN 1 Pangkalan Kerinci dan SMAN Pangkalan Kuras," ujarnya.

Sementara itu untuk tingkat SMP, lanjutnya, yakni SMPN 2 Pangkalan Kerinci, SMPN Binsus Bernas Pangkalan Kerinci, SMPN Kuala Kampar, SMPN Pangkalan Kuras dan SMP Global Pangkalan Kerinci. Sedangkan ditingkat SD ada 8 sekolah yakni, SDN 05 Pangkalan Kerinci, SDN 06 Pangkalan Kerinci, SDN 07 Pangkalan Kerinci, SDN 09 Pangkalan Kerinci, SDN Binsus Bernas Pangkalan Kerinci.

"Sedangkan tiga (3) sekolah swasta yang menjadi sasaran penerapan Kurikulum 2013 di daerah ini yakni SD IT Al Bayan Pangkalan Kerinci, SD Mutiara Harapan dan SD Global Andalan Pangkalan Kerinci," tutupnya. (rep05)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index