Dana ADD Bengkalis Bisa untuk Atasi Krisis Air Bersih

Dana ADD Bengkalis Bisa untuk Atasi Krisis Air Bersih

BENGKALIS - Krisis air bersih menjadi masalah tersendiri yang harus segera diatasi Pemkab Bengkalis. Bagi desa, mengatasi krisis air bisa memanfaatkan Alokasi Dana Desa dan Instruksi Bupati (Inbup).

“Kondisi krisis air ini sudah terjadi cukup lama, tapi sebetulnya bisa diatasi oleh pemerintah desa. Desa kan punya dana ADD, saya kira tak salah kalau dana tersebut digunakan untuk membangun sejumlah sumur bor. Apalagi sekarang ada namanya dana Inbup, main besar dana yang dimiliki desa,” kata Kabag Humas Setkab Bengkalis, Andris Wasono, Rabu (17/7).

Kata Andris, saat dirinya masih menjabat Camat Bukit Batu, ada desa yang membangun sampai 5 buah sumur bor dengan dana ADD. Bahkan sumur bor bisa dibangun lebih banyak, karena sekarang kata Andris, ada dana Inbup.

“Sumur bor itu kan bagian dari infrastruktur. Jadi tidak salah kalau pembangunannya menggunakan dana ADD atau Inbup,” jelasnya lagi.

Para kepala desa kata Andris, dituntut kreatif dan berinovasi dalam menyikapi berbagai persoalan yang terjadi di tengah masyarakat. “Intinya tidak kaku, selagi penggunaan dana tersebut benar dan memang untuk kepentingan masyarakat, ya sebaiknya digunakan saja,” ujar Andris.

Sejumlah desa di Bengkalis menjadi langganan sulitnya mendapatkan air bersih di saat hujan tidak turun beberapa pekan saja, terutama desa-desa yang ada di  tepian Selat Bengkalis dan Melaka.

Sungai Alam misalnya, sejak beberapa waktu lalu masyarakat sudah mengangkut air dari parit-parit yang ada di pinggiran kebun karet yang airnya masih mengalir. Selain untuk kebutuhan mandi dan mencuci, air tersebut juga untuk kebutuhan memasak dan minum.

Kondisi tidak jauh beda terjadi di sejumlah desa lainnya, di dusun Buyung desa Kembung Luar misalnya. Sudah bertahun-tahun masyarakat mengeluhkan sulitnya mendapatkan air bersih disaat musim panas tiba. Tak jarang, sebagian warga terpaksa mandi dan mencuci dengan air asin.

Di sebagia besar wilayah Pulau Bengkalis, memang belum teraliri air bersih dari PDAM. Untuk memasak dan minum, sebagian masyarakat menggunakan air hujan, sedangkan untuk mandi dan mencuci menggunakan air sumur. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index