Disperindag Temukan Cendol Berborak

Disperindag Temukan Cendol Berborak

PEKANBARU - Dinas Perindutrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru menemukan zat sejenis Borak dan Rodamin pada makanan. Inspeksi mendadak (Sidak) ini dilakukan di Pasar Agus Salim, Jalan Agus Salim, Pekanbaru, Selasa (16/7).

"Usai Sidak tersebut, seluruh sample makanan diperiksa yang dijual di pasar Agus Salim tersebut ternyata positif ada bahan makanan menggunakan zat Borak dan Rondamin," kata Elsyabrina, Kadiperindag kepada Metro Riau, Rabu (17/7).

Dijelaskanya, diantara makanan tersebut yang mengandung zat berbahaya sangat besar pengaruhnya pada manusia, seperti pada minuman jenis cendol.

"Kemarin kita prioritaskan sidak dipasar-pasar besar dengan menurunkan beberapa petugas, yaitu di Agus Salim. Meskipun sidak dilakukan dipasar besar, pasar-pasa kecilpun juga tak luput dari pantauwam kita," jelasnya.

Dengan telah ditemukannya, bahan berhaya itu, maka sanksi yang akan diberikan kepada pedagang tersebut dalam arti pedagang yang nakal Kadisperindag ini mengatakan akan memberikan sanksi. Namun seperti apa saksinya Elsyabrina belum bisa memutuskan.

"Seperti apa pastinya sanksi yang diberikan. Kita tentu ada pertimbangan, sebab pedagang - pedagang yang berjualan itu, tidak semua diketahui nakal. Karena kita harus berlandaskan praduga tak bersalah. Kalau terbukti dia nakal, tentu tidak langsung jatuhi sanksi," pungkasnya. (rep05)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index