Minggu Ini Pemerintah Janji Stabilkan Harga Daging

Minggu Ini Pemerintah Janji Stabilkan Harga Daging

Jakarta-Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengklaim pemerintah dapat menstabilkan harga daging sapi pada pekan ini. Pemerintah pada saat ini sedang menggenapi keputusan untuk menambah pasokan melalui intervensi pasar sebanyak 3 ribu ton oleh Bulog.


"Pada hari Selasa akan masuk 500 ton, lalu selama seminggu akan masuk melalui Bandara Soekarno Hatta sebanyak 300 ton," kata Hatta Rajasa usai rapat kabinet terbatas di Base Ops TNI Angkatan Udara Halim, Sabtu, 13 Juli 2013.


Ia menyatakan, pemerintah akan mendatangkan sebanyak 2,2 ribu ton melalui Pelabuhan Tanjung Priok yang diperkirakan tiba pada 25 Juli mendatang. Menteri Perdagangan Gita Wirjawan juga sudah mengklaim sebanyak 109 ribu ekor sapi akan siap dipotong. "Sebanyak 39 ribu ekor sudah dipotong," kata Hatta.

Dua langkah ini adalah jawaban atas instruksi presiden untuk menjaga harga daging sapi pada tingkat wajar. Pemerintah sendiri menetapkan harga wajar daging sapi adalah Rp 75 ribu hingga Rp 80 ribu. Sehingga peternak dan pengimpor tetap mendapat untung. "Harga ini sesuai dengan tahun 2012. Ini arahan dari presiden dalam rapat," kata dia.

Sebagai langkah antisipasi, Hatta juga mengklaim akan melakukan evaluasi terhadap sistem tata niaga saat ini. Sistem tersebut diduga telah menciptakan distorsi stabilitas harga.


Dalam rapat kabinet hari ini, Hatta melaporkan kepada presiden ada empat komoditi dari 11 komoditi yang dikategorikan sebagai volatile food. Keempat komoditi tersebut adalah Cabai Rawit sebesar 63 persen, bawang merah sebesar 49 persen, daging ayam sebesar 19 persen, dan telur sebesar 9 persen. "Cabai dan bawang karena gagal panen akibat hujan yang terus turun. Panen tertunda hingga Agustus," kata Hatta. (rep05)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index