Bagnaia Juara, Marquez Gagal Naik Podium di MotoGP Belanda

Bagnaia Juara, Marquez Gagal Naik Podium di MotoGP Belanda
Pembalap Ducati Francesco Bagnaia juara MotoGP Belanda. (REUTERS/Piroschka Van De Wouw)

Jakarta - Francesco Bagnaia tampil luar biasa di MotoGP Belanda. Sejak awal start hingga garis finis, Bagnaia terus memimpin di sepanjang  gelaran MotoGP Belanda di Sirkuit Assen, Minggu (30/6) malam WIB.

Pembalap Ducati tersebut mampu melakukan start yang mulus untuk mengamankan posisi start pertama. Pembalap Pramac Racing, Jorge Martin melesat masuk posisi kedua.

Nasib apes dialami Alex Rins yang mengalami kecelakaan setelah tikungan pertama yang membuatnya harus mengakhiri lomba.

Posisi pertama masih ditempati Bagnaia setelah dua lap balapan berlangsung. Ia dibuntuti Martin dan Marc Marquez yang naik ke posisi ketiga.

Bagnaia mulai menjauh hingga unggul satu detik atas Martin di posisi kedua pada lap kelima. Sedangkan The Baby Alien terus ditempel ketat oleh Maverick Vinales yang menempati posisi keempat dan Fabio Di Giannantonio di posisi keenam.

Marquez turun ke posisi keempat pada lap ketujuh usai dilewati Di Giannantonio. Pembalap asal Spanyol itu melebar saat melahap tikungan.

Persaingan memperebutkan tempat ketiga semakin panas memasuki 15 lap tersisa. Ini karena Pedro Acosta masuk dalam persaingan bersama Di Gianantonio, Marquez, dan Vinales.

Pembalap Yamaha, Fabio Quartararo seperti biasa kesulitan untuk bisa tampil kompetitif. Ia hanya menempati posisi ke-13 hingga 12 lap berjalan di Sirkuit Assen.

Bagnaia masih sangat nyaman di posisi pertama dengan balapan tersisa 10 lap lagi. Pembalap asal Italia itu unggul 1,836 detik atas Martin yang menempati posisi kedua.

Duel sengit terjadi dalam perebutan posisi ketiga saat balapan tersisa delapan lap pada tikungan sembilan. Vinales justru bisa naik ke posisi ketiga melewati Di Giannantonio dan Marquez.

Marquez dan Enea Bastianini yang masuk persaingan tiga besar saling bersenggolan saat memasuki tikungan usai melahap trek lurus pada lap ke-20. Marquez melebar dan harus turun ke posisi kelima digeser Bastianini.

Bastianini naik ke posisi ketiga saat balapan tersisa empat lap lagi. Posisi pertama masih ditempati Bagnaia diikuti Martin.

Bagnaia berhasil finis pertama di MotoGP Belanda dibuntuti Martin. Bastianini finis ketiga diikuti Marquez yang naik ke posisi keempat di saat terakhir.**

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index