Jamal Musiala Nangkring di Puncak Top Skor Piala Eropa 2024

Jamal Musiala Nangkring di Puncak Top Skor Piala Eropa 2024
Jamal Musiala (kanan) jadi mesin gol baru Jerman. (REUTERS/Heiko Becker)

Jakarta - Jamal Musiala mrnjadi top skor sementara di Euro 2024 meski baru mencetak dua gol dalam dua pertandingan. Musiala mencetak gol pertama di Euro tahun ini saat membawa Jerman menang 5-1 atas Skotlandia. Pemain Bayern Munchen itu kembali menjaringkan bola di gawang lawan saat Die Mannschaft menang 2-0 atas Hungaria.

Lantaran belum ada satu pun pemain yang mencetak dua gol, selain dirinya, maka Musiala saat ini memimpin daftar top skor.

Di bawah Musiala terdapat 36 pemain lain yang baru mencetak satu gol. Selain itu ada empat pemain yang menorehkan gol bunuh diri.

Hingga hari ketujuh penyelenggaraan Euro 2024 tidak ada pemain yang menonjol dalam mencetak gol. Nama besar macam Kylian Mbappe, Harry Kane, atau Cristiano Ronaldo bahkan belum bisa mencetak gol.

Jerman merupakan negara dengan jumlah pencetak gol terbanyak. Selain Musiala ada lima nama lain yang turut membawa juara Eropa 1972, 1980, dan 1996 itu meraih kemenangan dalam dua laga awal yakni Emre Can, Niclas Fullkrug, Kai Havertz, Florian Wirtz, dan Ilkay Gundogan.

Setelah Jerman, negara lain yang juga banyak menyumbang nama di daftar top skor adalah Swiss. Michel Aebischer, Kwadwo Duah, Breel Embolo, dan Xherdan Shaqiri menjadi nama-nama andalan La Nati dalam membobol gawang lawan.

Selanjutnya Albania, Turki, Rumania, dan Spanyol sama-sama memiliki tiga nama dalam daftar pencetak gol.

Sementara gelandang Albania Klaus Gjasula tercatat sebagai satu-satunya pemain yang mencetak gol ke gawang lawan dan ke gawang sendiri di Euro 2024.

Daftar Top Skor Euro 2024:

2 gol: Jamal Musiala (Jerman)
1 gol: Emre Can, Niclas Fullkrug, Ilkay Gundogan, Kai Havertz, Florian Wirtz (Jerman), Michel Aebischer, Kwadwo Duah, Breel Embolo, Xherdan Shaqiri (Swiss), Nedim Bajrami, Qazim Laci, Klaus Gjasula (Albania), Denis Dragus, Razvan Marin, Nicolae Stanciu (Rumania), Dani Carvajal, Alvaro Morata, Fabian Ruiz (Spanyol), Kerem Akturkoglyu, Arda Guler, Mert Muldur (Turki), Nicolo Barella, Alessaandro Bastoni (Italia), Cody Gakpo, Wout Weghorst (Belanda), Andrej Kramaric (Kroasia), Lukas Provod (Ceko), Christian Eriksen (Denmark), Jude Bellingham (Inggris), Georges Mikautadze (Georgia), Barnabas Varga (Hungaria), Adam Buksa (Polandia), Francisco Conceicao (Porutugal), Scott McTominay (Skotlandia), Erik Janza (Slovenia), Ivan Schranz (Slovakia). **

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index