Hancurkan Hungaria 2-0, Jerman Tim Pertama Lolos ke 16 Besar Euro 2024

Hancurkan Hungaria 2-0, Jerman Tim Pertama Lolos ke 16 Besar Euro 2024

Jakarta - Akhirnya tuan rumah Jerman sukses memposisikan diri sebagai tim pertama yang lolos ke babak 16 besar Euro 2024. Hal tersebut terjadi setelah Timnas Jerman mengalahkan Hungaria dengan skor 2-0 di Stuttgart, Rabu (19/6) waktu setempat. Kemenangan Jerman atas Hungaria membuat mereka punya enam poin di tangan.

Catatan poin itu sudah cukup menggaransi tempat mereka di 16 besar, meskipun posisi akhir mereka di fase grup belum diketahui secara pasti.

Pertandingan berlangsung secara alot dan keras. Berbeda dengan laga pertama saat Jerman bisa dominan lawan Skotlandia, kali ini Jerman mendapatkan perlawanan sengit dari Hungaria. Hungaria bahkan menghadirkan banyak ancaman dan peluang untuk mencetak gol di babak pertama, sama halnya seperti Jerman.

Namun yang jadi pembeda di babak pertama adalah gol Jamal Musiala. Musiala mampu membawa Jerman memimpin 1-0 lewat gol yang ia cetak di menit ke-22.

Gol ini tak lepas dari kecerobohan pemain-pemain Hungaria yang lengah saat Willi Orban terjatuh ketika melakukan kontak fisik dengan Ilkay Gundogan. Pemain Hungaria seperti Bendeguz Bolla dan kiper Peter Gulasci memilih mengangkat tangan berharap ada pelanggaran ketimbang tetap fokus mengejar bola dan menutup ruang Gundogan.

Gundogan akhirnya mengirim bola ke arah Musiala yang sukses mencetak gol. Keunggulan 1-0 untuk Jerman bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, selisih satu gol terus bertahan hingga 20 menit awal berjalan. Der Panzer juga sudah menurunkan Leroy Sane dan Niklas Fullkrug sebagai tenaga baru untuk menambah daya gedor.

Pada akhirnya, Jerman bisa menambah keunggulan lewat Gundogan di menit ke-67. Jerman pun di atas angin berkat gol tersebut.

Kerja sama Toni Kroos dan Musiala berujung pada umpan ke sisi kanan pertahanan Hungaria. Maximilian Mittelstadt yang menguasai bola lalu mengirim umpan silang mendatar ke muka gawang. Gundogan berada di posisi yang tepat untuk melepaskan tembakan dan bola pun sukses masuk ke gawang.

Setelah momen tersebut, Hungaria masih berusaha keras mencetak gol balasan. Namun skor 2-0 untuk Jerman bertahan hingga akhir pertandingan.

Jerman (4-2-3-1)

Manuel Neuer; Joshua Kimmich, Antonio Rudiger, Jonathan Tah, Maximilian Mittelstadt; Robert Andrich, Toni Kroos; Jamal Musiala, Ilkay Gundogan, Florian Wirtz (Leroy Sane 58); Kai Havertz (Niklas Fullkrug 58)

Hungaria (3-4-2-1)

Peter Gulacsi; Attila Fiola, Willi Orban, Marton Dardai; Bendeguz Bolla, Adam Nagy, Andras Schafer, Milos Kerkez; Roland Sallai, Dominik Szoboszlai; Barnabas Varga. **

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index