Ini Cara Paling Mudah Agar Daging Kurban Jadi Empuk saat Dimasak

Ini Cara Paling Mudah Agar Daging Kurban Jadi Empuk saat Dimasak
Ilustrasi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengempukkan daging tanpa presto. (iStockphoto/kazuma seki)

Jakarta - Idhul Adha sudah tiba. Banyak daging kurban di dapur yang siap diolah menjadi santapan lezat, Namun tak sedikit yang yang belum tahu cara mengempukkan daging sapi atau kambing tanpa presto. Padahal mengempukkan daging presto cukup mudah.

Ya, memang, daging sapi atau kambing memang bisa alot atau keras ketika dimasak. Karena itu, banyak orang yang akhirnya memilih presto untuk memasak daging.

Tapi sebenarnya ada cara mengempukkan daging tanpa presto. Anda bisa menggunakan cara ini agar daging empuk dan enak meskipun dimasak dengan panci atau alat masak biasa.

Berikut cara yang bisa dilakukan:

1. Marinasi daging
Ternyata memarinasi daging bukan hanya berguna agar bumbu meresap hingga ke dalam. Tapi cara ini juga berguna agar daging lebih cepat empuk saat dimasak.

Marinasi sendiri merupakan proses membumbui daging dengan berbagai macam rempah. Mulai dari garam, lemon, cuka, atau aneka bawang-bawangan.

Marinasi ini bisa menghancurkan zat yang membuat daging menjadi keras dan tentunya lebih memberi rasa enak dan gurih pada daging.

2. Potong berlawanan dengan serat
Daging juga bisa empuk jika dipotong berlawanan dengan serat daging. Cara ini bertujuan agar serat daging bisa lebih pendek dan empuk saat dimasak.

3. Pukul-pukul daging
Daging yang dipukul-pukul sebelum dimasak juga ternyata bisa jadi lebih lembut. Pakai palu daging atau sendok kayu untuk memukul-mukul daging yang hendak dimasak.

Cara ini bisa menghancurkan zat yang membuat daging keras dan alot. Dengan begitu daging akan empuk dan lembut saat dimasak dan dimakan.

Itulah tiga cara mudah dan sederhana mengempukkan daging tanpa presto.**

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index