Lesakkan Tiga Gol di Gawang Ukraina, Jadi Kemenangan Bersejarah Rumania di Euro 2024

Lesakkan Tiga Gol di Gawang Ukraina, Jadi Kemenangan Bersejarah Rumania di Euro 2024
Rumania catatkan kemenangan terbesar di kompetisi internasional (REUTERS/Michaela Stache)

Munich - Timnas Rumania membuat kejutan dengan mengawali Euro 2024 lewat hasil impresif, yakni menang 3-0 atas Ukraina. Tricolorii juga mencatatkan rekor kemenangan di turnamen internasional. Dengan hasil tersebut, kini Rumania menjadi pemuncak klasemen Grup E Euro 2024.

Rumania sejatinya tidak diunggulkan saat bertemu Ukraina di laga pembuka Grup E di Allianz Arena, Senin (17/6/2024) malam WIB. Mereka baru tampil lagi setelah absen di edisi terakhir pada 2021.

Ini adalah kali keenam mereka mencapai putaran final dengan pencapaian terbaiknya adalah perempatfinalis pada tahun 2000. Sementara Ukraina justru dihuni banyak pemain yang merumput di liga top Eropa termasuk top scorer LaLiga Artem Dovbyk.

Namun, Rumania yang ditekan sepanjang laga malah mengejutkan karena bisa mencetak tiga gol dari total 10 attempts sepanjang laga. Nicolas Stanciu membuka keunggulan pada menit ke-29 sebelum digandakan Razvan Marin pada menit ke-53 dan Denis Dragus di menit ke-57.

Rumania bisa mempertahankan kemenangan dengan skor 3-0 dan sementara memuncaki Grup E dengan tiga poin. Hasil yang dirayakan dengan penuh sukacita oleh para pemain Rumania.

Sebab, Rumania tak cuma membalikkan prediksi banyak orang tapi juga menorehkan kemenangan terbesar mereka di kejuaraan resmi. Sebelumnya kemenangan terbesar adalah saat mengalahkan Kolombia 3-1 di fase grup Piala Dunia 1994.

Ditambah lagi ini adalah kemenangan perdana mereka di Piala Eropa setelah terakhir di Euro 2000 ketika mengalahkan Inggris 3-2.

Selain itu, Rumania untuk kedua kalinya mencatatkan clean sheet di Piala Eropa setelah terakhir saat mengimbangi Prancis 0-0 pada 2008.

"Sejak saya bergabung dengan timnas, saya melalui banyak momen sulit. Memang tidak selalu mudah. Kami pernah juga tampil bagus. Kami punya generasi emas dengan performa mantap dulunya, tapi generasi sekarang itu punya jiwa. Tim ini memberikan segalanya untuk menang. Tidak ada tim yang punya hati sebesar tim ini. Generasi ini tidak punya batas," ujar pelatih Rumania Edward Iordanescu seperti dikutip situs resmi UEFA.**

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index