Lakukan 8 Cara Mudah Ini Aar Terlihat Awet Muda Secara Alami di Usia 50-an

Lakukan 8 Cara Mudah Ini Aar Terlihat Awet Muda Secara Alami di Usia 50-an
Ilustrasi. Ada beberapa cara agar terlihat awet muda secara alami di usia 50-an. (BlueOlive/Pixabay)

Jakarta - Setiap oran tak bisa menghindar dari usia tua. Artinya, Menua itu pasti. Namun jangan khawatir, ada beberapa langkah agar terlihat awet muda secara alami di usia 50-an. Salah satunya Anda bisa olahraga untuk menunda tanda penuaan.

Tak banyak yang suka soal gagasan menjadi tua. Menua dikaitkan dengan keriput, perut buncit, dan muka kusam. Ada beberapa strategi yang bisa diterapkan demi awet muda meski sudah masuk usia 50-an.

1. Lebih banyak tidur
Tidur jadi salah satu kunci awet muda. Riset menunjukkan, tidur setidaknya selama 7-8 jam akan membuat Anda lebih muda, lebih bahagia, dan lebih menarik.

2. Konsumsi tiram
Selain kaya akan protein, tiram banyak mengandung seng (zinc). Seng membantu mengubah vitamin A menjadi bentuk yang dapat digunakan dan diangkut melalui darah.

Studi menunjukkan, seng dapat memperlambat pertumbuhan degenerasi makula atau area sensitif cahaya pada mata sehingga penglihatan tetap tajam.

3. Sedikit perubahan dalam berbusana
Kadang, orang terlihat lebih tua dari usia sebenarnya gara-gara pilihan busana yang kurang tepat.

Mengutip dari Best of Life, wajah tampak memanjang seiring pertambahan usia. Salah satu cara untuk membuatnya lebih muda adalah dengan 'memperpendek' tampilan wajah.

Coba lebih banyak mengenakan baju kerah bulat (crewneck) dibanding V-neck. Saat memilih kemeja, coba kenakan kemeja berkerah kancing sehingga wajah lebih kecil.

4. Bercukur
Kumis, janggut, atau jambang memang bikin penampilan pria lebih 'sangar'. Hanya saja, penelitian di Inggris membuktikan, pria dengan rambut wajah terlihat lebih tua 10 tahun dari usia sebenarnya.

Lebih baik bercukur agar penampilan lebih rapi, sel-sel kulit mati terkelupas, dan merangsang produksi kolagen. Bercukur pun jadi salah satu cara agar terlihat awet muda secara alami.

5. Perbaiki postur
Cara cepat dan sederhana untuk tampil lebih muda adalah dengan postur tubuh yang baik. Anda perlu berdiri tegak, tarik bahu ke belakang, dan kencangkan 'core' tubuh.

Ahli menyebut, postur yang baik membuat Anda terlihat lebih sehat, lebih percaya diri, lebih waspada, dan lebih muda.

6. Banyak minum
Tubuh sebagian besar terdiri dari air, sementara kulit adalah organ terbesar. Hidrasi pun sangat penting agar tidak terlihat kusam dan tua.

"Semakin Anda terhidrasi, kulit akan tampak semakin montok, halus, dan awet muda," kata ahli gizi Erin Palinski-Wade, mengutip Reader's Digest.

7. Kurangi gula
Kalau ingin tampil lebih muda, sebaiknya kurangi konsumsi gula.

Studi yang diterbitkan di jurnal Nutrients pada 2020 menemukan, diet tinggi gula bisa meningkatkan laju penuaan kulit sehingga garis-garis wajah makin terlihat.

Tak hanya gula, asupan tinggi garam pun dapat meningkatkan peradangan tubuh sehingga proses penuaan berlangsung lebih cepat.

8. Relaksasi
Stres berlebihan membuat Anda terlihat makin tua. Stres perlu dikelola agar dosisnya tetap pas.

"Saat Anda mengurangi stres dan konflik, Anda mematikan hormon stres seperti adrenalin dan kortisol serta mengaktifkan endorfin, obat penghilang rasa sakit alami di tubuh yang membuat segala sesuatu tentang Anda lebih awet muda," kata psikiater Judith Orloff.

Sebaiknya, sediakan waktu untuk lebih rileks. Pilih kegiatan relaksasi yang cocok buat Anda seperti meditasi, menulis jurnal, membaca, atau jalan-jalan di alam terbuka.

Cara agar terlihat awet muda secara alami cukup dengan lebih banyak rileks.**

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index