Cuma Dibandrol Rp120 Jutaan, Suzuki Swift Baru Laris Manis Diserbu Pembeli

Cuma Dibandrol Rp120 Jutaan, Suzuki Swift Baru Laris Manis Diserbu Pembeli
Suzuki Swift baru. Foto: Maruti Suzuki.

Jakarta - Suzuki memang memiliki pasar besar di India. Suzuki Swift baru yang dipasarkan di India pun langsung menjadi buruan pembeli. Harga Suzuki Swift yang cukup murah, yakni mulai 649 ribu rupee atau Rp 120 jutaan, membuat kendaraan hatchback tersebut laku keras di Negeri Hindustan.

Hingga Senin (10/6), menurut laporan Gaadiwaadi, Suzuki Swift baru telah terjual 19.383 unit dalam sebulan dan menempatkannya sebagai mobil terlaris di India selama Mei 2024. Angka tersebut mengalahkan penjualan Suzuki Swift generasi lama yang laku 17.346 unit di periode yang sama tahun lalu.

Berkat kesuksesan Swift baru, penjualan year on year (YoY) Suzuki di India naik 12 persen. Merek mobil asal Jepang tersebut memang cukup diminati konsumen di Tanah Bharata.

Diketahui, Suzuki Swift generasi baru tersedia dalam lima varian berbeda, yakni LXi, VXi, VXi (O) ZXi dan ZXi+. Sementara harganya mulai dari Rp 120 jutaan hingga Rp 180 jutaan. Nominal yang murah tersebut membuat konsumen setempat ramai-ramai memesannya.

Swift baru mendapat banyak ubahan dibandingkan versi sebelumnya. Kendaraan itu kini punya wajah sporty berkat headlamp atau lampu utama yang lebih tajam, gril dengan desain honeycomb yang tegas, serta lekukan di area bumper yang lebih kekinian.

Pabrikan membekali Suzuki Swift baru dengan berbagai fitur kekinian, mulai dari layar hiburan free-floating infotainment yang bisa terhubung ke ponsel pintar, sistem audio dengan enam speaker, penunjuk arah, panel instrumen semi-digital dan masih banyak lagi.

Sementara dari segi keselamatan, mobil mungil itu sudah punya enam airbags untuk seluruh varian, sistem pengereman ABS dengan EBD, kontrol stabilitas, kursi ISOFIX dan lainnya.

Suzuki Swift baru menggunakan mesin Z12E 1.200cc bersilinder tiga yang menggantikan mesin K-Series bersilinder empat. Pembekalan tersebut membuat kendaraan mampu menghasilkan tenaga 80 bhp dan torsi 112 Nm. Sementara transmisinya otomatis dan manual lima-percepatan.

Mesin Z12E yang dipakai Suzuki Swift baru diklaim lebih irit dibandingkan mesin K-Series. Bahkan, menurut pengujian tim internal Maruti Suzuki, konsumsi bahan bakarnya tembus 24,8 km per liter.**

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index