Ini Dia Tampang Zeekr, Mobil Listrik asal China yang Baru Meluncur ke Pasaran Indonesia

Ini Dia Tampang Zeekr, Mobil Listrik asal China yang Baru Meluncur ke Pasaran Indonesia
ilsutrasi

Jakarta - Satu lai mobil asal Negeri China meluncur ke Indonesia: Zeekr! Mobil ini resmi menjadi mobil merek China kesekian kalinya yang masuk ke pasar Indonesia. Diketahui dalam beberapa tahun belakangan ini merek-merek mobil asal negeri Tirai Bambu membanjiri Tanah Air.

Lantas apa yang bikin Zeekr berbeda dengan merek-merek China lainnya di Indonesia?

Zeekr resmi mengumumkan kehadiran mereka di Indonesia. Merek premium di bawah Geely Holding Group tersebut, menjalin kemitraan dengan distributor lokal, PT Premium Auto Prima (Premium Group). Sebagai langkah awal, Zeekr akan membawa dua model mobil listrik premium ke Indonesia.

Managing Director PT Premium Auto Prima, JinHong Lin Darwin, menjelaskan, produk mobil Zeekr memiliki perbedaan dibanding merek-merek China lainnya yang sudah duluan eksis di Indonesia. Kata Darwin, mobil buatan Zeekr kental cita rasa Eropa.

"Memang semua perusahaan (bisa) mengaku premium dan high-end. Tapi mungkin, perusahaan Zeekr relatif baru. Apalagi di Indonesia belum banyak yang tahu. Tetapi seperti sudah dijabarkan sebelumnya, bahwa Zeekr sebagai bagian otomotif global yang sudah mendunia, di mana riset dan pengembangan, design center, bukan hanya di China, tapi juga ada di Eropa. Dan pimpinan-pimpinan yang di R n D itu juga bukan hanya orang China saja, tapi juga banyak dari Eropa," buka Darwin di Jakarta, Rabu (5/6/2024).

"Jadi dari desain sendiri, kita melihat taste-nya ini juga sudah beda dengan yang lain. Tentu perlu waktu untuk bisa diterima masyarakat bahwa ini adalah mobil premium, dan high-end. Kita juga lihat track record Zeekr dalam satu dua tahun terakhir, terutama di China dan Eropa, memang mobil China ini sudah bisa diterima. Contoh Zeekr 009, sudah dianggap setara dengan super vehicle brand yang ada di Eropa," tambah Darwin.

"Zeekr sebagai bagian dari Geely Group yang sudah berkecimpung 30 tahun di China. Tentu kita percaya kombinasi desain Eropa dan teknologi pintar China menghadirkan mobil stylish design, safety, serta smart. Ini poin membedakan dari merek EV lain," jelas Darwin.

Sebagai informasi, Zeekr mulai menjual kendaraan pada Oktober 2021, merek ini telah mengirimkan lebih dari 260.000 kendaraan hingga saat ini, termasuk Zeekr 001, Zeekr 001 FR, Zeekr 009 MPV, Zeekr X urban SUV, dan Zeekr Mix yang baru diluncurkan.

Zeekr telah mengumumkan rencana untuk menjual kendaraan di pasar Eropa, Timur Tengah, dan Asia lainnya, dan memiliki rencana peluncuran ambisius selama lima tahun ke depan untuk memenuhi permintaan EV global yang berkembang pesat.***

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index