Arab Saudi Tetapkan Idul Adha 16 Juni, RI Jatuh Pada Tanggal 17 Juni 2024

Arab Saudi Tetapkan Idul Adha 16 Juni, RI Jatuh Pada Tanggal 17 Juni 2024
ilsutrasi

Jakarta - Arab Saudi menetapkan tanggal Idul Adha atau Hari Raya Kurban jatuh pada Minggu (16/6). "Dengan adanya penampakan bulan sabit maka Idul Adha akan diperingati pada tanggal 16 Juni," demikian laporan Al Arabiya, Kamis (6/6).

Saudi juga menetapkan hari Arafah akan jatuh sehari sebelumnya yakni 15 Juni.

Sebelum Idul Adha, biasanya umat Islam menggelar dua hari puasa. Hari pertama disebut puasa tarwiyah yang dilakukan pada 8 Zulhijah, dan kedua disebut puasa arafah dilakukan keesokan harinya atau 9 Zulhijah.

Untuk menentukan Idul Adha, Saudi biasanya mengandalkan perhitungan astronomi dan penetapan kalender hisab. Sejumlah ahli astronomi memprediksi Idul Adha di negara tersebut akan berlangsung pada 16 Juni.

Sementara itu, situs resmi Umm al Qura memperkirakan Hari Raya Idul Adha bakal jatuh di hari ke-10 bulan Zulhijah. Ini bersamaan dengan dimulai pelaksanaan ibadah haji.

Saat Idul Adha, warga Saudi akan membanjiri musala atau masjid untuk melaksanakan salat. Salat biasanya berlangsung 10 hingga 15 menit setelah fajar.

Para jemaah diimbau untuk berada di musala atau masjid sebelum matahari terbit, demikian dikutip Saudi Arabia Immigration.

Sementara itu, anak-anak di Saudi akan membawa keranjang berisi manisan dan kurma untuk dibagikan kepada jemaah saat salat Idul Adha.

Usai selesai salat, penyembelihan hewan kurban pun dimulai.

Berdasarkan laporan Saudi Press Agency, Arab Saudi menerima setidaknya hampir 2 jutaan jemaah haji dari 183 negara tahun ini. Sebanyak, 2.322 jemaah dari 88 negara merupakan undangan dari pemerintah Saudi.

Sementara Pemerintah Indonesia telah menetapkan tanggal merah untuk hari libur nasional dan cuti bersama dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah. Untuk hari libur nasional ditetapkan pada Senin, 17 Juni 2024. Untuk cuti bersama ditetapkan pada Selasa, 18 Juni 2024.

Senin, 17 Juni 2024: Libur nasional Idul Adha 1445 H
Selasa, 18 Juni 2024: Cuti bersama Idul Adha 1445 H.**

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index