Berikut 11 Manfaat Buah Plum yang Baik untuk Kesehatan Mata hingga Tulang

Berikut 11 Manfaat Buah Plum yang Baik untuk Kesehatan Mata hingga Tulang
Foto: Buah plum (Getty Images/iStockphoto/bergamont)

Jakarta - Buah plum memang belum begitu familier dengan masyarakat kita. Namun buah manis dan berair yang masih satu keluarga dengan buah persik dan aprikot ini, ternyata memiliki banyaksekali manfaat kesehatan tubuh.

Melansir dari berbagai sumber, buah ini memiliki kandungan serat, antioksidan, vitamin dan mineral. Kini lebih dari 2.000 varietasnya tumbuh di seluruh dunia. Lantas, apa saja manfaat yang bisa didapat dari buah Plum?

Plum akan menambahkan rasa manis pada salad. Sementara dalam hal kesehatan, buah ini baik untuk otak, tulang, mulut, hingga mata dan rambut.
Berikut 11 manfaat buah plum bagi tubuh:

1. Mengontrol Tekanan Darah
Kandungan kalium dalam buah plum baik untuk mengontrol tekanan darah. Mengutip WebMd, caranya yaitu dengan membantu tubuh membuang natrium saat buang air kecil dan mengurangi ketegangan di dinding pembuluh darah. Saat tekanan darah rendah, peluang stroke menyerang pun menurun.

2. Baik untuk Kesehatan Tulang
Plum dapat meningkatkan kepadatan tulang dan meminimalkan pengeroposan tulang. Hal ini berkat vitamin K, C, dan potasium dari Plum. Mengutip Healthline, beberapa penelitian telah mengatur konsumsi buah plum dengan penurunan risiko penyakit tulang seperti osteoporosis dan osteopenia.

3. Menjaga Kesehatan Mulut
Buah ini kaya akan serat, fluorida, air, dan vitamin C. Kandungan tersebut dapat membantu meningkatkan kesehatan gigi dan gusi, serta membantu melawan bau mulut.

4. Menjaga Kesehatan Usus
Plum kaya akan serat yang dapat melancarkan buang air besar secara teratur dan pertumbuhan bakteri baik di usus.

5. Membantu Mengatur Kadar Gula Darah
Indeks glikemik dari buah plum rendah, sehingga tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah secara cepat. Buah ini mengandung nutrisi yang membantu mengatur kadar gula darah dan meningkatkan kesehatan secara umum.

6. Menyuburkan Akar Rambut
Tak hanya untuk kesehatan dalam tubuh, plum juga efektif dalam menyuburkan akar rambut. Mengutip laman pemprov Jambi, mekanisme kerjanya melibatkan pengurangan produksi hormon kortisol yang menyebabkan rambut rontok. Sehingga, dengan memaksimalkan sirkulasi darah di kulit kepala, plum bisa membantu pertumbuhan rambut yang sehat.

7. Menjaga Kesehatan Mata
Buah plum mengandung antioksidan seperti vitamin A. Mengutip Medicine Net, zat ini dapat membantu meningkatkan penglihatan dan bisa menurunkan risiko penyakit mata seperti katarak.

8. Membantu Menurunkan Berat Badan
Plum memiliki kandungan kalori yang rendah. Secangkir irisan buah plum sekitar 165 gram hanya mengandung 75,9 kalori.

Buah ini juga mengandung 144 gram air dan 2,31 serat. Sehingga, kandungan kalori rendah serta air dan serat yang tinggi bisa membantu merasakan kenyang lebih lama, mengekang nafsu makan, dan mendorong penurunan berat badan.

9. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Antioksidan seperti antosianin dan vitamin terdapat dalam buah plum. Kandungan ini membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan infeksi.

10. Meningkatkan Kesehatan Otak
Nutrisi yang terkandung dalam plum seperti flavonoid dapat meningkatkan kesehatan otak dan membantu mengurangi risiko stroke. Zat tersebut melindungi otak dari radikal bebas yang merusak dan pada akhirnya membantu meningkatkan fungsi otak.

11. Kaya Antioksidan

Antioksidan dalam buah plum melindungi tubuh dari kerusakan sel dan jaringan yang menyebabkan berbagai penyakit. Mulai dari diabetes, alzheimer, parkinson, dan kanker.

Kandungan Buah Plum
Rata-rata satu buah plum memiliki berat 66 gram. Berikut kandungan yang ada dalam buah tersebut.

Energi: 30,4 kalori
Air: 57 gram
Serat: 0,92 gram
Lemak: 0,18 gram
Protein: 0,46 gram
Kalsium: 3,96 mg
Magnesium: 4,62 mg
Fosfor: 10,6mg
Kalium: 104 mg
Vitamin C : 6,27mg
Folat: 3,3 mcg
Vitamin A : 11,2 mikrogram
Vitamin K : 4,22 mikrogram
Selain itu, plum juga mengandung mineral lainnya seperti seng, fluorida, mangan, besi, dan tembaga, vitamin B, dan antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin.

Itulah sejumlah manfaat dari buah plum untuk kesehatan. Tertarik untuk mengkonsumsi buah manis ini? **

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index