Ingat, 7 Kelompok Orang Ini Disarankan tidak Minum Air Kelapa! Ini Alasannya

Ingat, 7 Kelompok Orang Ini Disarankan tidak Minum Air Kelapa! Ini Alasannya
ilustrasi

Riaudaily.com - Air kelapa menurut para ahli kesehatan punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Namun hati-hati, ternyata ada kelompok yang tidak boleh minum air kelapa. Siapa saja mereka?

Air kelapa memang dikenal bisa membantu menetralisir racun dan menjadi elektrolit yang baik untuk tubuh. Namun kenali tubuh dan penyakit dalam tubuh Anda agar air kelapa yang banyak manfaat ini tak lantas membuat Anda jadi punya masalah kesehatan.

Mengutip berbagai sumber, mereka yang disarankan tidak meminum air kelapa adalah orang dengan kondisi tubuh dingin, orang yang sedang hamil, orang yang baru saja kembali dari paparan sinar matahari, atau orang yang akan tidur sebaiknya menghindari minum air kelapa untuk mencegah potensi risiko kesehatan.

Berikut kelompok tidak boleh minum air kelapa

1. Mereka yang memiliki konstitusi 'tubuh dingin'

Air kelapa bukanlah pilihan yang baik bagi individu dengan kondisi tubuh dingin (mereka yang tangan dan kakinya mudah kedinginan).

Hal itu disebabkan air kelapa memiliki sifat mendinginkan, dan konsumsi berlebihan dapat mengganggu keseimbangan aktivitas metabolisme "yin dan yang", melemahkan tubuh dan menyebabkan kelelahan.

2. Wanita hamil di trimester pertama
Pada tiga bulan pertama kehamilan, janin belum menempel kuat pada rahim ibu. Oleh karena itu, meminum air kelapa dapat membuat tubuh menjadi dingin dan menimbulkan risiko keguguran.

Gejala mual di pagi hari pada periode ini bisa menjadi lebih parah akibat seringnya konsumsi air kelapa yang dapat menyebabkan kembung dan gangguan pencernaan.

3. Orang dengan penyakit kardiovaskular
Mereka yng memiliki penyakit kardiovaskular, diabetes, penyakit ginjal kronis, ketidakseimbangan elektrolit atau sensitif terhadap air kelapa sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli nutrisi sebelum mengonsumsi air kelapa.

Seperti makanan lainnya, bila digunakan dengan benar, air kelapa bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh, begitu pula sebaliknya.

4. Orang dengan alergi
Banyak dari kita yang memiliki alergi terhadap makanan tertentu. Air kelapa dapat menyebabkan reaksi alergi pada orang-orang tertentu yang alergi terhadapnya.

Kelapa pada dasarnya adalah kacang pohon. Oleh karena itu, orang-orang tertentu yang mengonsumsi air kelapa mungkin rentan terhadap alergi kacang pohon serta bentuk alergi lainnya. Air kelapa sebaiknya dijauhkan dari orang yang rentan terhadap alergi.

5. Orang dengan gangguan irama jantung
Anda yang memiliki masalah dengan gangguan irama jantung, sebaiknya menghindari air kelapa. Minum air kelapa akan menyebabkan detak jantung yang tak beraturan.

6. Orang dengan cystic fibrosis
Kandungan sodium yang rendah dan potasium yang tinggi membuat air kelapa ini tidak aman untuk penderita cystic fibrosis. Cystic fibrosis atau fibrosis kistik adalah kondisi di mana lendir di dalam tubuh menjadi lebih kental dan lengket.

7. Orang sebelum operasi
Mereka yang akan melakukan operasi untuk menyembuhkan penyakit tertentu, juga disarankan untuk tidak minum air kelapa. Bahkan dua sebelum operasi pun hendaknya tidak meminum air kelapa, karena bisa memengaruhi tekanan darah.

Demikian beberapa kelompok orang yang disarankan untuk tidak minum air kelapa demi alasan kesehatan. Semoga bermanfaat**

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index