Enak Bin Mak Nyus, 5 Makanan Ini Ternyata Bikin Daya Ingat Menurun

Enak Bin Mak Nyus, 5 Makanan Ini Ternyata Bikin Daya Ingat Menurun
Ilustrasi. Makanan cepat saji adalah salah satu yang bisa merusak otak.(iStock/frantic00)

Jakarta - Berbagai makanan yang sering kita jadikan santapan harian, baik cemilan maupun makanan pokok, ternyata tidak semuanya menyehatkan bagi tubuh. Bahkan beberapa sangat berbahaya bagi organ tubuh manusia, khususnya otak.

Beberapa jenis makanan yang bisa melemahkan kecerdasan dan menurunkan daya ingat ini bukan berarti sama sekali tidak boleh dikonsumsi. Namun diusarankan agar tidak terlalu sering dikonsumsi, cukup sesekali agar otak tidak melemah.

Karena itu, sangat penting bagi Anda mengetahui makanan apa saja yang sebenarnya bisa merusak otak. Berikut makanannya:

1. Gorengan

Gorengan tidak melulu pisang goreng atau mendoan. Hampir semua jenis makanan yang digoreng, mulai dari ayam goreng, kentang goreng, bahkan ikan goreng ternyata memiliki dampak yang buruk untuk otak.

Penelitian yang dilakukan pada 2016 lalu dan telah terbit di Journal of Nutritional Science menemukan bahwa mereka yang terlalu sering makan makanan yang digoreng skor kognitifnya buruk. Mulai dari memori, hingga fungsi otak terbilang lemah jika dibandingkan mereka yang tidak sering makan gorengan.

"Para ilmuan berpendapat ini mungkin berhubungan dengan peradangan dan pengurangan ukuran jaringan otak," kata ahli gizi Kristin Kirkpatrick mengutip The Healthy.

2. Gula tambahan
Minuman manis dan minuman kemasan memang muncul dimana-mana. Ada banyak jenisnya, mulai dari berbagai kopi aneka rasa, teh aneka rasa, minuman sari buah, hingga berbagai macam boba.

Selain minuman manis ada juga minuman manis bersoda yang juga banyak digandrungi orang. Sebaiknya, batasi minuman-minuman ini karena bisa merusak otak.

3. Karbohidrat olahan
Batasi berbagai karbohidrat olahan. Mulai dari nasi, roti putih, pasta putih dan makanan lain dengan indeks glikemik tinggi.

Penelitian yang terbit pada 2015 lalu di The American Journal of Clinical Nutrition menemukan, makanan dengan indeks glikemik tinggi ternyata bisa meningkatkan depresi, terutama pada wanita. Depresi juga bisa melemahkan otak.

4. Daging olahan
Daging olahan seperti sosis atau daging-daging yang diawetkan juga berkontribusi dalam melemahkan daya ingat Anda. Sebuah penelitian pada April 2020 lalu dan telah terbit di Neurology menemukan bahwa daging olahan memang bisa melemahkan otak dan meningkatkan risiko terkena demensia.

5. Makanan cepat saji
Bukan hanya daging olahan, makanan cepat saji juga buruk untuk perkembangan otak. Tingginya kadar lemak jenuh serta natrium yang juga tinggi bisa menyebabkan kabut otak.

Pilihlah makanan sehat yang diolah sendiri dan tidak merusak otak. Makanan-makanan yang bisa membuat otak lebih kuat.**

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index