Manfaat Dahsyat Daun Gedi untuk Sembuhkan Beragam Penyakit

Manfaat Dahsyat Daun Gedi untuk Sembuhkan Beragam Penyakit

Riaudaily.com - Indonesia terkenal karena kekayaan tumbuhan yang diyakini memiliki banyak kasiat untuk kesehata. Salah satu yang paling terkenal, khususnya bagi masyarakat Sulawesi, adalah Daun Gedi. Daun gedi merupakan salah satu varietas yang banyak ditemukan di Indonesia, terutama Sulawesi.

Daun Gedi ternyata mengandung beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Mulai dari mangan, kalium, asam amino, magnesium, kalsium, zat besi, protein, vitamin A, vitamin C, dan antioksidan.

Bahkan, terdapat beberapa manfaat daun gedi lainnya bagi kesehatan yang jarang diketahui, antara lain:

1. Melancarkan Haid

Masyarakat di Sulawesi percaya, Daun gedi dapat membantu melancarkan haid. Sebab, air rebusan tanaman ini memiliki sifat yang dapat melancarkan sirkulasi darah atau emmenagogue.

Karena itu, tidak ada salahnya bagi perempuan yang kerap memiliki keluhan menstruasi untuk mengonsumsi air rebusan daun gedi. Hal ini bertujuan agar darah kotor yang ada selama haid dapat segera keluar dari tubuh.

Menariknya lagi, daun gedi juga dianggap bermanfaat bagi ibu yang baru melahirkan dan masih dalam masa nifas. Kendati demikian, penelitian lebih lanjut terkait manfaat daun gedi yang satu ini masih diperlukan lebih lanjut, guna memastikan efektivitasnya.

2. Meredakan Nyeri

Selain melancarkan haid dan melahirkan, daun gedi juga bisa bermanfaat untuk meredakan nyeri. Hal ini lantaran daun gedi memiliki kandungan senyawa bioaktif yang memiliki efek anti nyeri atau analgesik.

Di masyarakat, daun gedi selalu dijadikan sebagai jus sebagai obat alternatif dalam mengatasi beberapa kondisi kesehatan. Salah satunya seperti keluhan nyeri pada bagian tubuh tertentu, khususnya nyeri akibat keseleo atau terkilir.

3. Membantu Tingkatkan Fungsi Ginjal

Penyakit dalam yang serius seperti meningkatkan fungsi ginjal, juga bisa dapat dari meminum sari daun gedi. Lantaran ekstrak daun gedi ternyata juga diketahui berkhasiat untuk meningkatkan fungsi ginjal.

Khususnya pada pengidap penyakit ginjal yang disebabkan oleh diabetes (nefropati diabetik). Manfaat daun gedi untuk meningkatkan fungsi ginjal ini telah didukung oleh beberapa penelitian ilmiah yang menunjukkan perbaikan sel ginjal.

4. Membantu Melawan Radikal Bebas

Dalam sebuah studi, ekstrak etanol yang terdapat pada daun gedi diketahui memiliki senyawa antioksidan yang potensial. Perlu diketahui bahwa senyawa antioksidan tersebut dapat menangkal radikal bebas secara efektif.

Demikian beberapa manfaat kesehatan daun gedi, mulai dari melancarkan haid, membantu meredakan nyeri, membantu meningkatkan fungsi ginjal, hingga membantu melawan radikal bebas pada tubuh.
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index