Vietnam Lolos 8 Besar, Malaysia Tersingkir di Piala Asia U-23:

Vietnam Lolos 8 Besar, Malaysia Tersingkir di Piala Asia U-23:

Riaudaily.com - Duel antara Vietnam melawan Malaysia di ajang Piala Asia U-23 di Stadion Internasional Khalifa, Al Rayyan, Sabtu (20/4) malam WIB, akhirnya dimenangkan oleh Vietnam dengan skor 2-0. Dengan kemenangan ini, maka Vietnam dinyatakan lolos ke babak perempat final atau delapan besar. Sementara Malaysia tersingkir dari Piala Asia U-23 2024.

Dua gol kemenangan Vietnam lahir dari aksi apik Khuat Van Khang dan Vo Hoang Minh Khoa. Kemenangan ini juga membuat Vietnam sempurna mendulang poin penuh di dua laga awal dengan koleksi enam poin. Golden Star Warriors berhak menempati puncak klasemen dan sudah dipastikan lolos ke perempat final Piala Asia U-23.

Sementara bagi Malaysia, kekalahan ini berarti pupusnya peluang Malaysia untuk lolos ke fase selanjutnya. Meski masih menyisakan satu laga, Harimau Muda tidak akan mampu menggeser Uzbekistan yang sudah mengoleksi tiga poin karena kalah head to head.

Sebenarnya pertandingan antara Malaysia vs Vietnam berjalan sangat sengit. Kedua tim sama-sama bermain keras dan saling mengancam pertahan lawan. Malaysia dan Vietnam saling menciptakan peluang agar bisa unggul lebih dulu di pertandingan ini.

Namun, Vietnam yang akhirnya bisa membuka keunggulan. Tendangan bebas kaki kiri yang dieksekusi Khuat Van Khang bersarang ke pojok kanan gawang Harimau Muda. Upaya Malaysia untuk bisa menyamakan kedudukan semakin sulit karena petaka terjadi pada menit ke-60. Malaysia dihukum penalti karena pelanggaran yang dilakukan Ubaidullah Shamsul kepada Bui Vi Hao di kotak 16 pas.

Tendangan penalti diambil Vo Hoang Minh Khoa yang sukses menjalankan tugasnya dengan sempurna. Skor pun berubah menjadi 2-0.

Malaysia tidak lantas menyerah. Satu peluang datang dari Fergus Tierney pada menit ke-82 tetapi tembakan penyerang Malaysia itu masih berada di samping kiri gawang Vietnam.

Satu peluang lain didapat Malaysia melalui Haqimi Azim Rosli pada menit ke-91. Tetapi tembakan first time pemain pengganti Malaysia ini masih bisa digagalkan kiper Vietnam, Quang Van Chuan.

Upaya Malaysia untuk bisa mencetak gol tak kunjung membuahkan hasil. Skor 2-0 untuk kemenangan Vietnam atas Malaysia bertahan hingga babak kedua berakhir.

Susunan pemain
Malaysia (4-4-2): 16-Azim Ali Amin; 14-Zikri Khalili, 5-Harith Haiqal, 3-Ubaidullah Shamsul, 13-Umar Hakeem; 6-Najmuddin Akmal, 4-Abu Khalil, 12-Nooa Laine, 10-Luqman Hakim; 7-Mukhairi Ajmal, 15-Fergus Tierney

Vietnam (3-4-3): 1-Quan Van Chuan; 21-Nguyen Manh Hung, 4-Luong Duy Cuong, 5-Le Nguyen Hoang; 16-Ho Van Cuong, 6-Vo Hoang Minh Khoa, 19-Nguyen Thai Son, 18-Kuat Van Khang; 10-Vo Nguyen Hoang, 14-Nguyen Van Tung, 12-Nguyen Van Truong. **

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index