Antisipasi Daerah Rawan Longsor saat Lebaran, Pemprov Riau Siagakan Alat Berat

Antisipasi Daerah Rawan Longsor saat Lebaran, Pemprov Riau Siagakan Alat Berat

PEKANBARU  - Menindaklanjuti arahan Penjabat (Pj) Gubernur Riau (Gubri), SF Hariyanto, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan (PUPR-PKPP) Provinsi Riau siagakan alat berat di daerah rawan longsor dan amblas saat mudik Lebaran.

Bahkan sebagai langka antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi bencana longsor di jalur mudik Lebaran, Pj Gubri meminta Dinas PUPR-PKPP Riau membentuk tim dan menyiapkan nomor pengaduan.

Terkait itu, Kepala Dinas PUPR-PKPP Provinsi Riau, M Arief Setiawan mengatakan, jika pihaknya telah menginstruksikan seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Jalan dan Jembatan Wilayah I-VI untuk mensiagakan alat berat dan personel

"Saya sudah perintah UPT untuk siagakan alat berat dan personel di titik-titik yang dinilai rawan longsor dan jalan amblas saat mudik Lebaran," kata Arief, Jumat (5/4/2023).

Arief menyebut, setiap UPT mensiagakan satu set alat berat, terdiri dari Motor Grader, Vibro Roller, Excavator. Termasuk mobil trado dan dump truck.

"Alat di UPT satu set. Memang alat berat itu tidak berada di satu tempat. Alat berat ini mobile, dimana yang diperlukan alat berat siaga di situ. Alat berat ini sudah standby satu Minggu lalu sampai dengan H+7 Lebaran," sebutnya.

"Kita juga sudah menyiapkan nama dan nomor yang bisa dihubungi jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tak diinginkan, seperti jalan longsor dan lainnya, sehingga alat berat bisa segera dikerahkan ke titik kejadian," tutupnya. *

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index