Wuih, Awal Ramadhan 2024 Banjir Libur Nasional: Catat Tanggalnya!

Wuih, Awal Ramadhan 2024 Banjir Libur Nasional: Catat Tanggalnya!

Jakarta - Bulan suci Ramadhan akan segera tiba. Di bulan ini, seluruh umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh.

Menariknya, bakal ada 4 hari libur yang jatuh bertepatan di awal Ramadhan 2024.

Hal ini karena terdapat libur yang jadwalnya bertepatan dengan awal Ramadhan sehingga membuatnya menjadi tanggal merah selama empat hari berturut-turut.

Sebelumnya perlu diketahui terlebih dahulu awal Ramadhan 2024. Penetapan Ramadhan akan dilakukan melalui sidang isbat yang digelar oleh Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI).

Selain itu, biasanya terdapat perbedaan awal puasa antara Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU) atau pemerintah. Berikut penjelasannya.

Awal Ramadhan versi Muhammadiyah, NU, dan Pemerintah

Muhammadiyah telah menetapkan 1 Ramadan 1445 Hijriah jatuh pada Senin, 11 Maret 2024 dengan menggunakan metode hisab hakiki wujudul hilal.

Penetapan tersebut tertuang dalam Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah tentang Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1445 Hijriyah Nomor 1/MLM/I.0/E/2024.

Menurut hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani Majelis Tarjih dan Tajdid pada 29 Syaban 1445 H yang bertepatan dengan 10 Maret 2024, ijtimak jelang Ramadhan 1445 H terjadi pada pukul 16:07:42 WIB.

Hilal sudah wujud pada saat Matahari terbenam di Yogyakarta dan di wilayah Indonesia kecuali di Maluku Utara, Papua, Papua Barat, dan Papua Barat Daya.

Sementara untuk NU dan Pemerintah baru akan menetapkan kapan 1 Ramadan 1445 H setelah melalui sidang isbat yang digelar akhir Syaban.

Berbeda dengan Muhammadiyah, NU dan Pemerintah menggunakan metode rukyatul hilal dalam menentukan awal bulan.

Metode tersebut mempertimbangkan hasil hisab posisi hilal yang dikonfirmasi lagi lewat pengamatan hilal dengan kriteria MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura).

Tinggi hilal saat Matahari terbenam menurut kriteria MABIMS minimal 3 derajat dan sudut elongasi 6,4 derajat.

Meski demikian, jika mengacu pada kalender Hijriah Indonesia 2024 terbitan Kementerian Agama, maka awal Ramadhan 2024 versi pemerintah dan NU diperkirakan jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024.

Artinya awal Ramadhan 2024/1445 H versi NU dan pemerintah masih berupa prediksi sebagaimana merujuk pada kalender. Penetapan tanggal pastinya akan diumumkan usai sidang isbat.

Awal Ramadhan 2024 libur 4 hari
Merujuk Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri Libur Nasional dan Cuti Bersama 2024, awal puasa bukanlah hari libur nasional atau cuti bersama. Akan tetapi pada Senin, 11 Maret dan Selasa, 12 Maret kalender menunjukkan hari libur nasional.

11 Maret merupakan tanggal merah yakni Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1946 yang merupakan salah satu dari 17 hari libur nasional sepanjang tahun 2024.

Sementara pada 12 Maret merupakan cuti bersama Hari Nyepi Tahun Baru Saka 1946. Selain itu, dua hari sebelumnya pun menunjukkan libur akhir pekan yakni Sabtu, 9 Maret dan Minggu 10 Maret.(mdy)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index