Ini Penyebab Harga Daging Ayam dan Telur Masih Tinggi di Riau

Ini Penyebab Harga Daging Ayam dan Telur Masih Tinggi di Riau

PEKANBARU - Harga sejumlah bahan pokok di Riau belakangan ini terpantau mengalami kenaikan. Beberapa bahan pokok yang naik seperti telur, daging ayam, cabai, gula dan juga sayur-sayuran.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Riau Taufiq OH melalui Kabid Perdagangan Tety Nurdianti mengatakan, kenaikan harga bahan pokok tersebut terjadi akibat beberapa faktor. Pertama yakni masih dipengaruhi el Nino yang terjadi pada tahun 2023 lalu.

“El Nino yang terjadi tahun 2023 lalu masih berdampak terhadap kenaikan bahan pokok. Karena produksi pertanian utamanya jagung pipilan terpengaruh terhadap el Nino,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, akibat el Nino tersebut jagung pipilan yang banyak digunakan untuk pakan ternak mengalami kenaikan. Akibatnya juga berpengaruh terhadap harga ayam dan juga telur.

“Harga pakan di beberapa daerah sudah naik sejak awal tahun lalu. Ini juga yang menjadi penyebab harga ayam dan telur naik di Riau. Harga ayam dan telur stabil, namun diharga yang tinggi bahkan sejak awal tahun lalu,” sebutnya.

Sementara itu sayur-sayuran, karena dipasok dari luar provinsi yakni Bukittinggi, Sumatera Barat membuat harganya mengalami kenaikan. Hal tersebut juga diakibatkan cuaca yang terjadi di sana sehingga menyebabkan hasil panen tidak maksimal.

“Kalau untuk sayur-sayur itu memang mayoritas dari Bukittinggi, sehingga harganya agak melonjak,” ujarnya.(mdy)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index