Ini Dia Formasi Indonesia U-23 Rasa Timnas Senior di Piala Asia U-23

Ini Dia Formasi Indonesia U-23 Rasa Timnas Senior di Piala Asia U-23

Jakarta - Timnas Indonesia U-23 bisa menerapkan susunan pemain yang berisi beberapa penggawa timnas senior di Piala Asia U-23 2024.

Berdasarkan regulasi AFC, pemain yang bisa tampil di Piala Asia U-23 2024 adalah mereka yang lahir setelah 1 Januari 2001. Oleh karena itu, Timnas Indonesia punya pemain dalam jumlah signifikan yang sah untuk masuk skuad.

Saat ini, ada 11 pemain di bawah 23 tahun yang masuk skuad Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 (2024). Para pemain ini bisa didaftarkan ke skuad Piala Asia U-23 2024.

Mereka adalah Marselino Ferdinan, Elkan Baggott, Justin Hubner, Ivar Jenner, Rafael Struick, Pratama Arhan, Ernando Ari, Rizky Ridho, Witan Sulaeman, Hokky Caraka, dan Ramadhan Sananta.

Dari daftar pemain itu, sejatinya pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae Yong bisa memainkan seluruh pemain tim senior yang memenuhi kriteria usia ke dalam susunan pemain Timnas U-23. Namun kembali lagi, pemain pilihan STY merujuk kepada kebutuhan tim dan kondisi pemain pada setiap pertandingan.

STY dapat mempercayakan posisi kiper pada sosok Ernando Ari. Pada Piala Asia 2023 lalu, Ernando Ari jadi pilihan utama karena selalu tampil di empat laga yang dijalani Timnas Indonesia.

Kemudian di benteng pertahanan, ada tiga nama yang bisa dipasang sebagai bek tengah. Mereka adalah Elkan Baggott, Justin Hubner, dan Rizky Ridho. Ketiganya juga jadi pilihan utama STY di Piala Asia 2023 lalu.

Lalu sebagai wing back kanan dan kiri, STY juga punya sosok yang tepat. Pratama Arhan merupakan andalan STY di Piala Asia 2023, sementara Witan Sulaeman juga sempat dimainkan sebagai wing back kanan dalam uji coba lawan Libya.

Sementara di lini tengah, STY bisa mempercayakan duet Ivar Jenner dan Marselino Ferdinan. Ivar sudah menunjukkan kualitasnya sebagai gelandang tangguh di Piala Asia 2023, begitu juga dengan Marselino yang tampil impresif di berbagai posisi.

Sedangkan barisan depan Timnas Indonesia U-23 juga memiliki opsi yang menjanjikan. Rafael Struick bisa dipasang winger kiri, kemudian Hokky Caraka dengan kecepatan berlari yang mumpuni bisa dipasang di kanan.


Formasi Timnas Senior di Timnas Indonesia U-23:
Ernando Ari; Rizky Ridho, Justin Hubner, Elkan Baggott; Witan Sulaeman, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Pratama Arhan; Hokky Caraka, Ramadan Sananta, Rafael Struick. (mdy)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index