Polres Rohil Siapkan Perahu untuk Antar Logistik Pemilu ke TPS Terisolir

Polres Rohil Siapkan Perahu untuk Antar Logistik Pemilu ke TPS Terisolir

Rohil - Polres Rokan Hilir memetakan ratusan Tempat Pemungutan Suara yang jauh dari jangkauan kendaraan untuk membawa logistik Pemilu. Terdapat 128 TPS yang ternyata terisolir di Kabupaten Rokan Hilir, Riau. 

"Kami menelusuri di lapangan terdapat 128 TPS yang sulit dijangkau. Lokasinya ada di wilayah 4 kecamatan," ujar Kapolres Rokan Hilir AKBP Andrian Pramudianto, Kamis (18/1). 

Andrian menyebutkan, lokasi TPS itu memaksa personel untuk melewati laut dan sungai. Bahkan, adapula lokasi yang membuat personel untuk memikul logistik karena jalannya yang tak bisa dilalui kendaraan. 

"Di Kecamatan Palika ada 110 TPS, di Kecamatan Kubu Babussalam sebanyak 10 TPS, Kecamatan Pujud sebanyak 5 TPS serta Kecamatan Sinaboi terdapat 3 TPS. Total semua 128 TPS," jelasnya. 

Andrian menyampaikan untuk lokasi TPS yang menyebrangi sungai akan disiapkan perahu bermesin. Sedangkan wilayah darat, disiapkan sepeda motor trail. 

"Kita kordinasi dengan KPU terkait sarana dan prasarana yang disiapkan untuk lokasi yang sulit dijangkau," kata Andrian. Andrian telah melakukan berbagai persiapan untuk mengamankan pelaksanaan Pemilu. Persiapan itu mulai dari pengerahan sekitar 1.000 personel gabungan hingga pelatihan personel yang bertugas. Selain itu, Polres Rohil juga melaksanakan sistem pengamanan kota, apel gelar pasukan, serta serangkaian sosialisasi kepada pihak terkait. 

"Kami juga terus memantau dan mengontrol isu-isu yang berkaitan dengan pemilu agar tidak menimbulkan potensi memecah belah masyarakat. Terutama yang menjelekkan berkaitan dengan politik dan Kamtibmas," jelas Andrian. Hal itu dilakukan Polres Rohil bersama penyelenggara dan pengawas Pemilu 2024, serta lintas sektoral. 

Selain itu, dialog dengan organisasi kemasyarakatan di Rohil juga sudah dilakukan untuk menyerap aspirasi terkait pemilu. 

"Semoga seluruh tahapan pemilu bisa berjalan dengan aman dan lancar. Intinya Polres Rohil siap mengamankan Pemilu 2024. Kami lakukan langkah krusial dalam menjaga stabilitas, demokrasi, serta keamanan masyarakat di Kabupaten Rohil," pungkasnya.

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index