Pimpin Upacara Harkitnas, Bupati Rohil Sampaikan Amanat Menteri Kominfo

Pimpin Upacara Harkitnas, Bupati Rohil Sampaikan Amanat Menteri Kominfo

Rohil - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menggelar upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-115 tahun 2023. Upacara tersebut dipusatkan di depan kantor BPKAD, Jalan Merdeka, Bagansiapiapi, Selasa (23/5/2023).

Dalam upacara peringatan Harkitnas yang bertemakan "Semangat Untuk Bangkit " tersebut, Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP secara langsung bertindak sebagai inspektur upacara dan di hadiri Wabup Rohil H Sulaiman SS MH, anggota DPRD Rohil Hermawan, Wadanramil 01 Bangko Kapten Arh Simson Siregar, Kadiskominfotik Rohil Indra Gunawan SE MH, Kapolsek Bangko Kompol Dedi Susanto SH, para kepala OPD, Kakan Kemenag Rohil H Naini, tokoh masyarakat, OKP dan berbagai unsur lainnya.

Dalam amanat nya, Bupati Rohil Afrizal Sintong membacakan sambutan tertulis Pelaksana tugas (Plt.) Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI) Moh. Mahfud MD. Ada beberapa poin penting yang disampaikan Plt Menteri Kominfo RI terutama ajakan untuk memaknai peringatan Harkitnas dalam perjuangan di masa modern.

"Seratus lima belas tahun lalu, pada tanggal 20 Mei 1908, Boedi Oetomo didirikan sebagai lambang persatuan Indonesia dalam perjuangan kemerdekaan. Gerakan ini menggabungkan berbagai gerakan perjuangan lokal menjadi satu kesatuan yang bertujuan untuk memajukan bangsa Indonesia. Tujuan utama Boedi Oetomo adalah memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat di mata dunia,” ucap Bupati membacakan sambutan Plt. Menteri Kominfo.

Ia melanjutkan, perayaan Harkitnas ke-115 sebagai momen untuk membangun semangat kebangsaan dalam menghadapi tantangan pasca-pandemi. Meskipun selama tiga tahun terakhir dunia menghadapi krisis pandemi Covid-19, seluruhnya patut bersyukur karena status darurat kesehatan global telah dicabut oleh WHO pada tanggal 5 Mei 2023.

"Selama masa sulit ini, rakyat Indonesia telah menunjukkan kesatuan dan semangat dalam mengatasi pandemi serta memulihkan perekonomian bangsa," sebutnya.

Menurutnya, perayaan Harkitnas juga menjadi kesempatan untuk menghargai kerja sama antara berbagai instansi pemerintah, sektor swasta, akademisi, pers, komunitas, dan semua elemen bangsa dalam menghadapi krisis global seperti kesehatan, perekonomian, dan geopolitik.

Diungkapkan olehnya, data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2022 sebesar 5,31%, melebihi pertumbuhan sebelum pandemi. Triwulan pertama tahun 2023 juga mencatat pertumbuhan sebesar 5,03%, menunjukkan performa yang baik. Capaian ini baginya harus dipertahankan dan ditingkatkan demi kesejahteraan masyarakat serta kemajuan bangsa.

Selain itu, Mahfud MD menyampaikan kebangkitan Indonesia juga tercermin dalam peran aktif di forum internasional. Indonesia berhasil memimpin G-20 pada tahun 2022 dengan tema “Recover Together, Recover Stronger”, dan saat ini menjadi ketua ASEAN dengan tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”.

Kepemimpinan Indonesia di tingkat dunia dan regional ini, tegasnya, mendukung semangat kebangkitan nasional dan mempercepat pemulihan global pasca-pandemi.

“Dalam perjalanan menuju Indonesia Emas 2045, kita dihadapkan pada tantangan dan harapan. Kita harus terus mempertahankan semangat kebangkitan nasional, bekerja keras, cerdas, dan bersama-sama untuk mencapai kemandirian dan kemajuan yang berkelanjutan. Semangat ini juga tambahnya, harus kita wariskan kepada generasi penerus kita," paparnya.

Plt Menteri Kominfo juga mengucapkan selamat memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-115. "Mari terus berjuang, belajar, tumbuh, dan maju dengan semangat untuk bangkit ," pungkasnya.

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index