Tips Menggunakan Cairan Softlens X2

Tips Menggunakan Cairan Softlens X2

Cairan pembersih softlens merupakan salah satu produk penting bagi para pengguna softlens. Cairan tersebut berfungsi untuk membersihkan softlens dari kotoran dan kuman serta dapat melembapkan softlens.

Softlens saat ini makin umum digunakan banyak orang, baik pria maupun wanita. Selain dapat membantu penglihatan, penggunaan softlens juga dapat menunjang penampilan karena pilihan warnanya yang bervariasi.

Maka dari itu cairan dibutuhkan untuk membersihkan softlens tersebut setiap harinya. Merk X2 identik dengan produk softlens-nya, namun nyatanya produk cairan ini bisa digunakan untuk merk softlens lain.

Sehingga tidak perlu khawatir jika memakai softlens merk lain, Anda tetap bisa menggunakan cairan dari X2. Beberapa produk cairan softlens X2 diantaranya:

1. X2 Bio

X2 Bio MPS diformulasikan dengan HA Hydroloc System untuk membersihkan sisa protein maupun mikroorganisme pada softlens secara optimal.

Mikroorganisme yang bisa dibasmi oleh produk ini adalah Escherichia coli, Staphylococcus aureus, Pseudomonas aeruginosa, Candida albicans, dan Fusarium solani.

2. X2 Comfort Extra

X2 Comfort Extra merupakan larutan antimikroba yang berfungsi membersihkan, menghilangkan timbunan lemak, protein, debu dan kotoran. Larutan ini diperkaya dengan HPMC yang berfungsi menjaga kelembaban pada permukaan kontak lens.

Kombinasi komposisinya mampu melembapkan dan menghaluskan softlens setelah dibersihkan. Cairan pembersih ini juga aman digunakan pada softlens berwarna dan silicone hydrogel.

Cairan ini disarankan bagi yang ingin membersihkan tumpukan mikroorganisme pada lensa kontak Anda.

Cara Menggunakan Cairan Softlens

1. Pastikan Tangan Bersih dan Kering

Cuci tangan dengan sabun terlebih dahulu. Kemudian keringkan dengan handuk. Disarankan tidak mengeringkan tangan dengan tisu, karena serat tisu yang mudah hancur beresiko tertinggal di tangan sehingga nantinya akan mengganggu proses pembersihan.

2. Bersihkan Softlens Dengan Cairan Pembersih

Gosok secara halus permukaan softlens di telapak tangan dengan cairan pembersih. Kamu dapat menggunakan jari yang bersih atau alat seperti pinset atau stik khusus untuk menyentuh softlens. Kemudian, bilas lensa secara menyeluruh untuk menghilangkan kotoran yang tersisa.

3. Masukkan Softlens Pada Tempatnya

Masukkan softlens ke dalam wadahnya. Isi wadah yang sudah berisi softlens dengan cairan pembersih untuk mensterilkan lensa. Jangan lupa juga memberi tanda pada wadah, mana lensa kanan dan kiri bagi anda yang memiliki mata minus yang berbeda. Simpan wadah tersebut di tempat yang aman dari kotoran dan paparan sinar matahari langsung.

Tips memilih cairan softlens

Sebagai tambahan, perlu disimak juga tips berikut ini dalam memilih cairan softlens agar Anda tidak salah pilih.

1. Pahami Indikasi

Pertama, pahami indikasi atau peruntukan penggunaan cairan softlens. Perhatikan apakah produk cairan tersebut hanya untuk sebagai pembersih softlens atau juga bisa digunakan untuk tetes mata.

Jika produk itu hanya untuk pembersih softlens, maka Anda harus membeli cairan tetes mata secara terpisah. Jangan pernah sekali-kali mencoba meneteskan cairan yang bukan untuk hal tersebut.

2. Perhatikan Kandungan Formula

Cairan softlens yang baik umumnya mengandung formula yang menyegarkan mata. Softlens tidak hanya bersih, tetapi juga terasa nyaman digunakan setelah dibersihkan dengan cairan tersebut.

Pilihlah merk cairan softlens terbaik dengan formula yang melembapkan, sehingga softlens tetap memiliki tekstur yang lembut dan mudah dipasang pada mata.

3. Pilih Yang Bisa Digunakan Untuk Semua Merk Softlens

Bagi sebagian orang terkadang sering gonta-ganti produk softlens karena faktor kenyamanan atau ingin mencoba produk dan varian warna softlens terbaru.

Untuk memudahkan pembersihan softlens, sebaiknya membeli cairan yang bisa digunakan untuk semua merk softlens. ***

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index