Riau

HKN -58 Tahun, Bupati Rohil Ajak Insan Kesehatan Beri Pelayanan Terbaik Pada Masyarakat

Istimewa

Rohil - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menggelar upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 Tahun yang dipusatkan di halaman RSUD Dr. RM Pratomo Bagansiapiapi, Senin (13/11/2022).

Upacara peringatan HKN ke-58 tersebut tampak dihadiri Direktur RSUD RM Pratomo Bagansiapiapi dr Tribuana Tungga Dewi, Asisten lll Ali Asfar, beberapa kepada OPD serta berbagai unsur lainnya. 

Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP dalam sambutannya mengatakan, HKN Ke-58 Tahun 2022 mengangkat tema "Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku". Tema ini katanya, dipilih untuk menggambarkan bangkitnya semangat dan optimisme seluruh lapisan masyarakat Indonesia yang secara bersama, bahu membahu, dan bergotong royong dalam menghadapi situasi kesehatan di masa pandemi COVID-19, sehingga masyarakat Indonesia dapat kembali beraktivitas dan produktif agar Indonesia kembali bangkit dan kembali sehat.

Bupati menerangkan, tantangan yang di hadapi sebelumnya sangat berat. Dimana, semua negara, diseluruh dunia, sedang menghadapi ujian. Krisis kesehatan akibat pandemi COVID-19 belum sepenuhnya pulih. 

Namun terangnya, ditengah tantangan yang berat, kita patut bersyukur, Indonesia termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global ini. Indonesia termasuk negara yang berhasil mengendalikan pandemi COVID-19, termasuk lima besar negara dengan vaksinasi terbanyak di dunia, dengan total 442 juta dosis vaksin telah disuntikkan sampai dengan oktober 2022.

"Meskipun begitu, kita tidak boleh lengah. Sejak bulan Oktober, kita telah mendeteksi adanya kenaikan kembali kasus COVID-19. Data kematian menunjukkan 4 dari 5 pasien meninggal belum divaksinasi booster," jelasnya. 

Dalam menghadapi pandemi COVID-19 yang melanda seluruh dunia, bangsa Indonesia telah membuktikan dirinya sebagai bangsa yang tangguh. Hal ini kata Bupati, dikarenakan masyarakat dusun dan kampung saling melindungi dan saling berbagi. 

Disamping itu, ulama, tokoh agama, dan tokoh adat, aktif mendampingi masyarakat. Organisasi sosial keagamaan bergerak cepat membantu masyarakat. Tenaga kesehatan, TNI, Polri, dan jajaran birokrasi saling bersinergi. 

"Karakter bangsa Indonesia sebagai pejuang, saling peduli, bergotong royong merupakan modal utama kita bisa segera mengatasi pandemi ini," paparnya.

Pada kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggitingginya, kepada segenap kesehatan yang telah bahu membahu berjuang tanpa mengenal lelah dalam melaksanakan pembangunan kesehatan Indonesia. 

Bupati juga berharap kepada semua insan kesehatan agar terus mendorong terbangunnya gerakan dan sehat, bersih hidup masyarakat. Diantaranya melalui konsumsi makanan bergizi seimbang, melakukan aktifitas fisik setiap hari, dan mencuci tangan dengan
sabun. 

Selain itu, Bupati juga meminta agar semua insan kesehatan terus mendorong masyarakat untuk memeriksakan kesehatannya secara rutin, baik pemeriksaan ibu hamil, pemantauan
tumbuh kembang balita, imunisasi, pemeriksaan penyakit penyakit sesuai siklus hidup.

"Terus kembangkan diri dan organisasi dalam kompetensi dan memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat," pungkasnya. 

Usai pelaksanaan upacara HKN, dalam kesempatan itu juga dilakukan pemberian penghargaan kepada tenaga kesehatan berprestasi serta pemotongan tumpang oleh Bupati didampingi Dirut RSUD dan para kepala OPD. Bupati juga melakukan peninjauan ke beberapa layanan kesehatan yang ada di RSUD RM Pratomo Bagansiapiapi.


[Ikuti Riaudaily.com Melalui Sosial Media]