Riau

Bupati Rohil Ajak Seluruh Elemen Bersatu Bangun Daerah Di Hari Kebangkitan Nasional

Foto Bupati Afrizal Sintong Saat Menjadi Irup di Hari Kebangkitan Nasional

Riaudaily.com ROKAN HILIR - Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong SIP secara langsung memimpin upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke 114 tahun 2022. Upacara tersebut dipusatkan di depan Kantor BPKAD, Jalan Merdeka, Bagansiapiapi, Jumat (20/5/2022).

Wakil Bupati Rohil H Sulaiman SS MH bersama seluruh pegawai masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) beserta pejabat eselon II, III dan IV ikut dalam upacara ini. Selain itu Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) turut hadir. Tampak pula, dari unsur TNI dan Polri serta berbagai unsur lainnya. 

Sebagai Irup, Bupati Rohil Afrizal Sintong membacakan amanat Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang menegaskan bahwa Harkitnas diperingati setiap 20 Mei, ditandai dengan lahirnya organisasi Budi Utomo pada 1908.

Budi Utomo menjadi tonggak sejarah dimulainya pergerakan Indonesia merdeka dengan puncak 17 Agustus 1945. Awal munculnya sumber daya manusia Indonesia yang terdidik, memiliki jiwa nasionalisme kebangsaan, dan memiliki cita-cita mulia untuk melepaskan diri dari penjajahan. Dengan tampilnya sumber daya manusia yang unggul inilah semangat kebangkitan nasional dimulai.

Oleh sebab itu Bupati memandang penting tema "Ayo Bangkit Bersama " menjadi tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional sebagai bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi Covid -19 yang sudah melanda dua tahun terakhir. 

"Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini hendaknya tidak hanya kita maknai sebagai seremonial saja. Guna memahami esensi sejarah Kebangkitan Nasional, mari sejenak kita telaah sisi historis di balik peringatan Hari Kebangkitan Nasional," katanya. 

Bupati juga mengajak semua pihak di Kabupaten Rohil memaknai momentum Harkitnas 114 ini untuk bangkit memajukan bangsa dan negara.

“Saya mengajak seluruh aparatur yang diberi amanah jabatan penyelenggara pemerintahan untuk menyelenggarakan proses-proses secara lebih efisien. Mari pangkas segala proses yang pelayanan yang berbelit-belit dan berkepanjangan tanpa alasan yang jelas. Mari bangun proses-proses yang lebih transparan. Mari berikan layanan tepat waktu," katanya. 

Selain itu, Bupati juga mengajak seluruh elemen agar menjadikan semboyan Budi Utomo sebagai semangat dalam memajukan dan membangun daerah khususnya Kabupaten Rohil. 

"Harapan kami baik seluruh organisasi kepemudaan, tokoh agama, tokoh masyarakat dan seluruh unsur bagaimana bersama-sama memajukan kabupaten yang kita cinta ini kedepannya, " pungkasnya.


[Ikuti Riaudaily.com Melalui Sosial Media]