Riau

Hadiri Peresmian Mesjid Al Fatah Kecamatan Kubu, Bupati Rohil : Jaga Kekompakan dan Silaturahmi

Istimewa

(RDC) ROKAN HILIR - Keberadaan Masjid selain sebagai tempat untuk beribadah,  juga berperan dalam membangkitkan kekuatan rohaniah dan keimanan.

Masjid Syuhada desa Teluk Merbau Kecamatan Kubu, Kabupaten Rokan Hilir, Riau merupakan salah satu masjid tertua yang sudah ada sejak tahun 1970. Ia nya merupakan kebanggaan masyarakat Kubu yang  berlokasi dekat kuala sungai dengan gaya arsitektur oriental bernuansa warna khas biru. 

“Saya tentunya kagum karena masjid ini termasuk yang tertua  menjadi salah satu masjid yang secara arsitektur ikonik dan lokasinya strategis," ungkap Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong saat melakukan peninjauan di Masjid Syuhada, Minggu (16/5/2022). Melihat kondisi Masjid tersebut, Bupati berjanji akan mengalokasikan dana hibah untuk memperbaikinya pada anggaran APBD tahun 2023.

Selain meninjau mesjid tertua tersebut, sebelumnya pada saat yang sama Bupati juga meresmikan Masjid Al-Fatah Rantau Panjang Kanan kecamatan Kubu Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau.  Pembangunan Masjid Al Fatah berasal dari donasi yang diberikan masyarakat setempat serta perantauan yang tinggal di Malaysia.

Sedangkan lahan mesjid berasal dari waqaf masyarakat yang berasal dari putra asli Rantau Panjang Kanan yang kini bermastuatin di Malaysia bernama Sujang Polis. 

Bupati mengungkapkan bahwa pemerintah serius dengan keberadaan rumah ibadah dimana setiap tahun pemerintah mengalokasikan bantuan dana hibah melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra). Namun,  pembangunan mesjid saat ini tidak semudah dulu dimana  pembangunannya harus masuk pada RKPD.

" Sehingga tidak bisa dilakukan secara spontan dan untuk dana operasionalnya bisa mendapatkan 100 sampai dengan 150 juta pertahun.  Untuk itu, perhatian dan peran serta masyarakat sangat dibutuhkan," pintanya.

" Saya berharap seluruh masyarakat Kubu, manfaatkan lah masjid ini selain untuk meningkatan iman dan taqwa, juga sebagai tempat pemersatu umat,"  cetusnya.

Afrizal  mengimbau kepada seluruh jajaran pengurus Masjid Al-Fatah agar senantiasa menjaga kekompakan dan silaturrahmi.  Dia juga mengapresiasi perjuangan panitia pembangunan mesjid sehingga pembangunan Masjid ini  bisa terwujud dengan berlandaskan niat tulus dan ikhlas. Dia berharap, masyarakat dapat bersama-sama memakmurkan masjid tersebut. 

Acara peresmian Masjid Al Fatah juga dihadiri kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kominfo, DPMPTSP, Kasatpol PP, camat Kubu, Camat Kuba, Camat Bagansinembah, Anggota DPRD Rokan Hilir dan para Asisten.  (Advertorial Diskominfo)

 


[Ikuti Riaudaily.com Melalui Sosial Media]