Kiat Cerdas Memilih Asuransi Mobil Terbaik

Kiat Cerdas Memilih Asuransi Mobil Terbaik

Kendaraan sekarang ini merupakan kebutuhan masyarakat modern khususnya perkotaan. Transportasi pribadi sangat memudahkan mobilitas seseorang untuk bepergian jarak jauh. Salah satunya ialah mobil. Kendaraan roda empat ini seakan sudah melekat dalam kehidupan seseorang.

Tingginya angka kepemilikan mobil, turut berkontribusi membuat jalanan macet. Sehari-hari kendaraan berlalu-lalang di jalanan menyebabkan angka kecelakaan tinggi. Untuk itulah pemilik perlu mempunyai asuransi mobil terbaik, yang akan memproteksi segala bentuk kerusakan akibat berbagai hal. 

Pemilihan Asuransi Mobil Terbaik

Memang ada berbagai macam jenis asuransi untuk kendaraan Anda. Untuk itu pilihlah asuransi yang benar-benar sesuai. Berikut kiat-kiat memilih perlindungan yang cocok untuk mobil Anda.

Sesuaikan produk dengan kebutuhan

Secara umum asuransi mobil dibedakan menjadi 2 yaitu : asuransi All Risk dan TLO (Total Loss Only). Perbedaannya terletak pada pengklaiman. Untuk All Risk, dia akan mengcover segala bentuk resiko yang terjadi baik skala besar maupun kecil. Sementara TLO hanya memberikan proteksi atas kerusakan yang terjadi lebih dari 75 persen.

Sesuaikan jenis tersebut dengan kemungkinan resiko yang Anda alami. All Risk tentu sangat pas bagi mereka dengan mobilitas tinggi. Sementara TLO lebih cocok digunakan bagi mereka yang jarang menggunakan mobil dalam keseharian.

Jaringan bengkel mudah dicari

Pastikan asuransi mobil terbaik yang diikuti memiliki jaringan kerjasama bengkel yang mudah dicari. Tentukan juga dimana saja titik-titik lokasi bengkel itu tersebar. Hal ini penting ketika seandainya terjadi kecelakaan, pengendara sudah mengetahui dimana bengkel yang harus dituju. Tentunya yang paling dekat dengan lokasi.

Jaringan bengkel yang banyak jumlahnya juga menjadi poin plus memperbanyak opsi bengkel yang akan digunakan. Tanyakan detailnya pada petugas asuransi yang menangani polis.

Cermati detail kontrak kerjasama

Biasanya komplain terhadap ribetnya pengurusan polis asuransi mobil terbaik disebabkan oleh ketidaktahuan klien mengenai kontrak preminya sendiri. Maka dari itu penting untuk membaca dengan benar apa-apa saja yang tertera sebelum menandatangani premi. 

Pastikan Anda tahu mengenai tanggungan apa saja yang didapat, bagaimana cara klaim, dan apa-apa saja yang tidak termasuk dalam proteksi. Jujur dan terbuka merupakan poin penting yang harus dipegang antara agen dengan kliennya. Sehingga menghindarkan masalah oleh kesalahpahaman dikemudian hari.

Lakukan survey

Lakukan survey mendalam terhadap bagaimana kinerja perusahaan asuransi tersebut. Jika perusahaan memiliki kredibilitas yang baik, maka pasti akan banyak ulasan dan testimoni yang berdatangan.

Tanyakan juga kepada rekan-rekan terdekat Anda mengenai asuransi kendaraan yang mereka miliki. Biasa teman akan lebih secara terbuka membeberkan kelebihan dan kekurangan, dibanding bertanya langsung pada pihak marketing. Namun pastikan bahwa informasi yang Anda dapat adalah subyektif dan netral, sehingga akurat.

Pelayanan lengkap

Lihat pelayanan-pelayanan lain yang dimiliki. Perusahaan asuransi yang baik biasanya memiliki tools-tools yang memudahkan nasabahnya mengakses mereka. Kapan pun dan dimana pun. Tidak memungkiri penggunaan teknologi dapat digunakan untuk menunjang kepraktisan para pemegang polis untuk membayar premi.

Selain itu sistem klaim premi pun haruslah dibuat sesederhana mungkin. Hal ini bertujuan untuk nasabah dapat segera melakukan pencairan pasca musibah. Jadi pastikan mereka senantiasa bersedia memberikan pelayanan yang ramah dan informatif.

Jenis-Jenis Asuransi Mobil

Secara umum memang asuransi mobil dibedakan menjadi All Risk dan TOL Risk. Namun masih banyak varian lain yang merupakan kombinasi dari keduanya, yaitu:

Liability

Merupakan asuransi yang menanggung kerusakan yang disebabkan kesalahan pemegang polisnya, dan ditambah dengan proteksi jiwa.

Collision

Asuransi yang serupa dengan Liability tetapi tanpa proteksi jiwa.

Rider

Asuransi yang memungkinkan menambahi kejadian yang lebih detail. Spesifikasi tersebut misalnya: banjir, kerusuhan, gempa bumi, dan lainnya.

Kecelakaan diri

Asuransi yang memproteksi terhadap segala kerusakan mobil beserta jiwa yang ada di dalamnya.

Gabungan

Merupakan asuransi gabungan dari All Risk dengan TLO. Biasanya di tahun pertama asuransi akan melakukan cover atas segala resiko (All Risk). Kemudian pada polis tahun selanjutnya akan otomatis berubah menjadi TLO.

Memilih asuransi mobil terbaik memang membutuhkan segala perhitungan yang matang. Untuk itu ada baiknya Anda melakukan observasi mendalam mengenai kebutuhan pribadi. Sehingga premi yang didapat benar-benar maksimal pemanfaatannya.

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index