2 Kode Keras Jokowi ,Jadi Petunjuk Panglima TNI Baru

2 Kode Keras Jokowi ,Jadi Petunjuk Panglima TNI Baru

Riaudaily.com Jakarta - Surat presiden atau surpres calon panglima TNI sudah terbit dan bakal dikirim ke DPR RI siang ini. Presiden Joko Widodo (Jokowi) melempar 2 kode keras sebagai petunjuk sosok panglima TNI baru sebelum berangkat kunjungan kerja ke Eropa.


Dua kode keras Jokowi soal panglima TNI baru merujuk kepada sosok KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa. Dirangkum detikcom, Rabu (3/11/2021), berikut ini momen-momen yang jadi kode keras terkait panglima TNI baru.

1. KSAD 'Sopiri' Iriana
KSAD Andika Perkasa beberapa kali menarik perhatian publik ketika berinteraksi dengan Presiden Jokowi. Salah satunya adalah saat Presiden Jokowi mencandai KSAD menjadi sopir Ibu Negara Iriana Jokowi.

Momen Jokowi melempar candaan ke Iriana dan Andika itu terjadi setelah upacara HUT ke-76 TNI di halaman Istana Merdeka selesai, Selasa (5/10/2021). Jokowi saat itu bersama Iriana dan Wapres Ma'ruf Amin beserta Wury Estu Handayani meninjau alutsista di depan Istana.

Sejumlah pejabat lain turut mendampingi di antaranya Menko Polhukam Mahfud Md, Menhan Prabowo Subianto, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Jokowi tampak berdialog dengan Hadi di depan deretan kendaraan taktis yang dipamerkan. Setelah itu, KSAD Jenderal Andika Perkasa turut memberikan penjelasan kepada Jokowi.

Peninjauan kendaraan-kendaraan taktis ini tak berlangsung lama. Jokowi dan rombongan langsung meninggalkan lokasi. Sebelum kembali ke Istana, Jokowi sempat melontarkan candaan ke istrinya. Jokowi menawari Iriana naik kendaraan taktis TNI dan KSAD Andika yang menyopiri.

"Mau naik gimana? Biar yang nyetir Pak Andika, ha-ha-ha....," demikian candaan Jokowi kepada Iriana.

2. Lepas Jokowi ke Eropa
Momen selanjutnya terjadi saat Jokowi hendak berangkat ke tiga negara, yakni Italia, Britania Raya, dan Uni Emirat Arab, Jumat (29/10/2021). Adapun jadwal agenda Jokowi adalah menghadiri KTT G20 di Roma dan COP26 di Glasgow. Setelah itu, Jokowi akan melanjutkan kunjungan bilateral ke Uni Emirat Arab (UEA).

Yang menarik perhatian adalah rombongan yang melepas Presiden Jokowi.

Hadir melepas kunjungan kerja Jokowi yakni Kapolri Jenderal Listyo Sigit Pranowo hingga Mensesneg Pratikno. KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa tampak dalam rombongan tersebut.

Biasanya, dalam kesempatan sebelumnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bakal ikut melepas Jokowi jika di sana hadir Kapolri Jenderal Sigit. Namun kali ini yang hadir adalah KSAD Jenderal Andika Perkasa.

Namun Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menjelaskan mengapa KSAD yang ikut melepas Jokowi ke Eropa. Alasan mendasar adalah agar tak ada ketersinggungan.

"Agar tidak ada ketersinggungan, saya minta yang paling senior yang mewakili," kata Hadi saat dikonfirmasi detikcom, Senin (1/11/2021).

Hadi menjelaskan Andika merupakan alumnus Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri) paling senior di antara para kepala staf. Andika adalah alumnus Akabri 1987.

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index