Kronologi Kebakaran di Lapas Tangerang yang Tewaskan 41 Napi

Kronologi Kebakaran di Lapas Tangerang yang Tewaskan 41 Napi
Foto kebakaran Lapas Tanggerang

RiauDaily.com Jakarta - Kebakaran maut terjadi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang. Korsleting listrik diduga menjadi penyebabnya.

Dirangkum detikcom, Rabu (8/9/2021), 41 orang narapidana (napi) meninggal dunia akibat kebakaran tersebut. Sedangkan puluhan lainnya dilaporkan terluka.

Berikut ini kronologi kebakaran yang menewaskan 41 orang narapidana di Lapas Kelas 1 Tangerang:

Kebakaran di Lapas Tangerang itu dilaporkan terjadi sekitar pukul 02.00 WIB. Kebakaran diduga diakibatkan korsleting listrik.

"Sementara diduga akibat arus pendek," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, Rabu (8/9/2021).

Sekitar 04.00 WIB
Kebakaran di Lapas Tangerang berlangsung selama 2 jam. Api bisa dipadamkan sekitar pukul 04.00 WIB.

08.20 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran beserta jajaran meninjau lokasi kebakaran di Lapas Tangerang. Fadil memberikan keterangan mengenai jumlah korban tewas dan terluka.

"Yang meninggal dunia sebanyak 41 orang," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dalam jumpa pers di lokasi kebakaran, Rabu (8/9/2021).

Polisi Dirikan Posko Crisis Center Korban Kebakaran di Lapas Tangerang
Sementara 81 orang korban luka terdiri atas 8 orang yang menderita luka berat dan 73 orang mengalami luka ringan.

Fadil juga menyampaikan Puslabfor Polri langsung melakukan olah TKP di lokasi kebakaran. Penyebab kebakaran bakal ditelusuri.

"Kemudian untuk langkah selanjutnya adalah melakukan penyelidikan penyebab terjadinya kebakaran. Ini dari Puslabfor Mabes Polri, dari Direskrimum Polda Metro bersama bantuan reserse Polres Tangerang sekarang sedang bekerja maraton untuk mengetahui sebab kebakaran," ujar Fadil.

Sedangkan Direktur Keamanan dan Ketertiban (Dirkamtib) Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Abdul Aris mengatakan napi lain di Lapas Tangerang dievakuasi ke area lain di dalam lapas.

"Dipindah ke blok lain," ujar Abdul Aris kepada detikcom, Rabu (8/9).

Aris mengatakan sejauh ini belum ada pemindahan napi ke lapas lain. Napi saat ini masih dievakuasi ke area lain di dalam Lapas Tangerang.

"Napi lainnya dievakuasi ke masjid, masih di area lapas," kata Aris.

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index