Perancis Sumbang 3 Juta Dosis Vaksin Untuk Indonesia

Perancis  Sumbang 3 Juta Dosis Vaksin Untuk Indonesia

PERANCIS (Riaudaily.com) - Pemerintah Prancis berencana menyumbangkan 3 juta dosis vaksin Covid-19 untuk Indonesia.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan bantuan dari Prancis itu datang setelah ia dan Menlu Prancis Jean-Yves Le Drian berkomunikasi via telepon pada 22 Juli lalu.

"Sebagai tindak lanjut komunikasi saya dengan Menlu Prancis 22 Juli lalu, hari ini saya dapat informasi dari Paris bahwa pemerintah Prancis memutuskan memberikan dukungan vaksin 3 juta dosis kepada Indonesia," kata Retno dalam jumpa pers virtual dari Washington pada Rabu (4/8).


Retno menuturkan pengiriman pertama donasi vaksin itu akan dilakukan sekitar akhir Agustus mendatang yakni sebesar 1,3 juta dosis. Meski begitu, ia tak menyebutkan jenis vaksin yang akan diberikan Prancis tersebut.

"Saya ingin apresiasi dan memberikan penghargaan terhadap pemerintah Prancis atas dukungan ini," kata Retno.

Selain Prancis, sejumlah negara juga telah memberikan bantuan vaksin dan alat kesehatan pendukung penanganan Covid-19 lainnya.

Sejauh ini, Amerika Serikat telah menyumbangkan 8 juta dosis vaksin Moderna melalui mekanisme kerja sama dose-sharing vaksiN COVAX Facility. Sebanyak 3,5 juta dosis tambahan vaksin Moderna juga telah tiba di Jakarta pada 1 Agustus lalu.

Selain vaksin, AS juga berencana memberikan bantuan tambahan senilai US$30 juta atau Rp430 miliar untuk penanganan Covid-19 di Indonesia.

Bantuan senilai ratusan miliar itu berupa peralatan oksigen, obat-obatan dan alat kesehatan lainnya.

Komitmen bantuan itu diutarakan Penasihat Keamanan Nasional AS (NSA), Jake Sullivan, saat bertemu dengan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di Washington D.C pada Senin (2/8).

Inggris juga baru-baru ini menyatakan akan menyumbangkan vaksin Covid-19 AstraZeneca ke Indonesia. Australia, Jepang, dan Singapura juga telah menyatakan komitmen mereka untuk memberi bantuan penanganan Covid-19 bagi Indonesia.
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index