Vaksin Pekanbaru Masih Kosong, Banyak Warga Mengeluh

Vaksin Pekanbaru Masih Kosong, Banyak Warga Mengeluh

PEKANBARU - Pasokan vaksin covid-19 di Kota Pekanbaru kosong hingga kini. Ada ratusan ribu warga di Kota Pekanbaru belum bisa suntik vaksin.

Padahal kartu vaksin sangat dibutuhkan masyarakat untuk mengakses layanan publik. Begitu juga saat melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan moda transportasi umum

Satu warga yang kesulitan mencari suntikan vaksin adalah Yanti. Ia mengaku sudah mencoba datang ke sejumlah rumah sakit.

"Katanya belum ada yang untuk umum, di puskesmas juga tidak dapat," ujarnya, Selasa (27/7/2021).

Dirinya juga sudah mendaftar secara online untuk mendapat vaksin di Poltekes Riau.Sayangnya sudah kehabisan kuota lantaran banyak pendaftar. Wanita itu mengaku sangat butuh vaksin tersebut.


Ia berencana melakukan perjalanan ke Bandung sehingga butuh suntik vaksin untuk bepergian.Data Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, ada 541.407 orang warga di Kota Pekanbaru belum mendapat suntikan vaksin.Total warga kota yang harus mendapat suntikan vaksin mencapai 845.274 orang.

Total warga Kota Pekanbaru yang telah suntik vaksin dosis pertama 303.867 orang.Sedangkan yang mendapat suntik vaksin kedua baru sebanyak 199.394 orang. 

Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru belum bisa berbuat banyak terkait kekosongan ini.Mereka belum memastikan hingga kapan kekosongan vaksin bakal berlangsung.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Arnaldo Eka Putra tidak menampik adanya kekosongan vaksin. Dirinya mengimbau masyarakat agar bersabar dengan kondisi ini.

"Vaksin masih kosong sampai saat ini, kita masih menanti kedatangan pasokan vaksin tambahan," terangnya.

Satu kendala pasokan ini terjadi akibat belum adanya pasokan vaksin tambahan dari Kementrian Kesehatan RI.Ia menyebut ada kendala dalam distribusi dari pemerintah pusat yang kemungkinan normal pada Agustus 2021 nanti.

Arnaldo mengaku sudah mengajukan jumlah kebutuhan vaksin hingga awal Agustus nanti. Kebutuhannya mencapai 82.000 dosis vaksin.

Sayangnya pada pekan lalu Kota Pekanbaru cuma mendapat alokasi vaksin tambahan sekitar 3.000 dosis. Jumlah ini belum mencukupi kebutuhan vaksin terutama dosis kedua.

Kebutuhan dosis kedua secara keseluruhan mencapai seratus ribu lebih. Total ada 104.472 belum mendapat suntikan vaksin dosis kedua.

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index