Riau

Tahun Depan, Transportasi Feeder Di Pekanbaru Beroperasi

PEKANBARU - Transportasi feeder atau penyambung dari pemukiman ke bus trans metro Pekanbaru (TMP) ditargetkan beroperasi tahun depan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru Yuliarso mengatakan, saat ini masih tahap mempersiapkan armada feeder. Ada beberapa unit kendaraan yang dipersiapkan untuk itu.

"Untuk kajian bisnis sudah, kajian subsidi juga sudah. Tinggal persiapan unit saja lagi," kata Yuliarso.

Kata dia, tranportasi feeder ini nantinya akan dikelola Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) atau pihak ketiga. Yuliarso menyebut, armada feeder juga disiapkan langsung oleh pengelola.

"Mudah-mudahan di tahun ini kalau tidak ada halangan, kita meminta mereka (BUMD) yang menyiapkan, tidak lewat APBD," kata dia.

Pengoperasian feeder bertujuan memotivasi warga menggunakan bus TMP untuk bepergian di wilayah dalam kota. Hal itu tentu akan membantu mengurai kepadatan lalu lintas serta mengurangi subsidi ke TMP.

Kemudian untuk tiketnya akan diberlakukan satu tiket dengan bus TMP. Dengan demikian, pengguna jasa feeder cukup membayar satu tiket karena tiketnya direncanakan menyatu dengan bus TMP. (rep05)


[Ikuti Riaudaily.com Melalui Sosial Media]