Nasional

Hari Ini MUI Akan Gelar Munas Pergantian Pengurus

JAKARTA  - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat akan menggelar Musyawarah Nasional (Munas) X dengan agenda utama pergantian ketua umum dan pengurus Dewan Pimpinan MUI di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (25/11) malam.

Berdasarkan jadwal yang diterima , Munas akan digelar selama tiga hari hingga 27 November mendatang.

Pembukaan Munas sendiri akan dimulai pada pukul 19.30 WIB. Pembukaan diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Setelah itu, terdapat rangkaian sambutan pembukaan Munas oleh pihak terkait. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dijadwalkan akan memberikan sambutan selamat datang bagi para peserta Munas. Setelah itu, terdapat sambutan perwakilan Dewan Pertimbangan MUI.

Lalu terdapat pidato oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin selaku Ketua Umum MUI periode 2015-2020. Terakhir, Presiden Joko Widodo dijadwalkan hadir untuk memberikan sambutan sekaligus membuka Munas X MUI.

"Ya Anies akan hadir di pembukaan sebagai tuan rumah yang berkesempatan Munas MUI ke-10 di Jakarta. Dibuka oleh Presiden Joko Widodo," kata Ketua Steering Committee (SC) Munas MUI, Abdullah Jaidi, Selasa malam.

Sementara pada hari kedua atau 26 November 2020 MUI akan menggelar tiga agenda penting. Di antaranya mendengarkan laporan pertanggungjawaban ketua umum Dewan Pimpinan MUI 2015-2020, sidang-sidang komisi hingga pemilihan ketua umum dan pengurus MUI masa bakti 2020-2025.

Sidang komisi akan dibagi menjadi empat bagian yakni Komisi PDPRT, Komisi Garis-Garis Besar Program Kerja Nasional, Komisi Fatwa dan Komisi Rekomendasi/Taujihat.

Khusus untuk Komisi Fatwa akan membahas pelbagai rekomendasi fatwa dalam agenda Munas kali ini. Di antaranya fatwa terkait kehalalan vaksin corona, fatwa pendaftaran haji pada usia dini, fatwa penggunaan masker saat berihram haji dan umrah dan fatwa pendaftaran haji melalui utang dan pembiayaan.

Sementara hari ketiga Munas akan digelar upacara Penutupan. Agenda ini akan diisi oleh sambutan Ketua Umum terpilih serta amanat Wakil Presiden RI sekaligus menutup Munas X MUI.

Pelaksanaan Munas MUI kali ini dipastikan akan menggunakan protokol kesehatan pencegahan virus Corona (Covid-19). Para peserta Munas diselenggarakan dengan dua cara dengan melalui online dan offline. (rep05)


[Ikuti Riaudaily.com Melalui Sosial Media]