Presiden Jokowi Lantik Guru Besar ITB Tutuka Ariadji Sebagai Dirjen Migas

Presiden Jokowi Lantik Guru Besar ITB Tutuka Ariadji Sebagai Dirjen Migas

JAKARTA  - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengangkat Tutuka Ariadji menjadi Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas) Kementerian ESDM. Tutuka adalah Guru Besar Teknik Pertambangan dan Perminyakan Institut Teknologi Bandung (ITB)

"Betul," ujar Arifin , Rabu (4/11).

Penunjukan Tutuka ini akan membuat kursi Dirjen Migas yang sudah kosong selama satu tahun lebih terisi kembali. Sayang, Arifin tak menjelaskan lebih lanjut kapan Tutuka akan dilantik secara resmi.

Mengutip laman resmi itb.ac.id, Tutuka menyelesaikan studi S1 di ITB. Kemudian, ia melanjutkan S2 dan S3 di Texas A&M University, Amerika Serikat (AS).

Sebelumnya, Jokowi memberhentikan dengan hormat Djoko Siswanto dari posisi Dirjen Migas Kementerian ESDM pada Juli 2019 lalu. Setelah itu, Djoko sempat menduduki kursi pelaksana tugas (plt) dirjen migas sebelum dialihkan ke Sekretaris Jenderal Ego Syahrial.

Pencopotan Djoko tertuang dalam Surat Keputusan Presiden Nomor 45 TPA Tahun 2019 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kementerian ESDM yang dibacakan dalam acara Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi dan Jabatan Administrasi di Lingkungan Kementerian ESDM di kantor Kementerian ESDM, Jumat (12/7).
(rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index