Turun Drastis Karena Covid-19, Retribusi Parkir Hanya Capai 3 Miliar

Turun Drastis Karena Covid-19, Retribusi Parkir Hanya Capai 3 Miliar

PEKANBARU - Capaian retribusi parkir di Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru hingga kini sebesar Rp3 miliar. Sementara target yang ditetapkan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru sebesar Rp9 miliar.

"Terjadi penurunan yang sangat drastis akibat pandemi. Kosekuensi dari pembatasan pergerakan kendaraan juga berpengaruh signifikan," kata Kepala Dishub Kota Pekanbaru Yuliarso, Senin (28/9/2020).

Menurutnya, kondisi pandemi Covid-19 sangat mempengaruhi capaian retribusi parkir. Selama Covid-19 mewabah, pergerakan masyarakat dibatasi. Artinya, mobilisasi kendaraan juga minim sehingga retribusi parkir yang didapat juga sangat minim.

"Dalam perjalanan triwulan III kemarin kita sempat optimis, tapi kondisi tidak berubah. Mudah-mudahan di triwulan IV ada rekonsiliasi untuk penyesuaian target," jelasnya.

Ia juga mengungkap, perparkiran nantinya dikelola melalui Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) untuk memaksimalkan potensi PAD dari retribusi parkir. Akan ada pembagian tiga zona atau wilayah parkir.

Dua zona dikelola langsung oleh UPT Parkir Dishub Pekanbaru, dan satu zona dikelola oleh pihak ketiga. 

"Kita masih dalam persiapan untuk itu. Tentunya pihak ke-3 yang akan mengelola tetap diberi target berapa kemampuan mereka dalam meraup retribusi parkir dari zona mereka," jelasnya.(rep05)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index