Asiik, BLT Subsidi Gaji Tahap IV Telah Cair

Asiik, BLT Subsidi Gaji Tahap IV Telah Cair

JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah memastikan penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) berupa subsidi gaji tahap IV telah dicairkan kepada 2,65 juta pekerja/buruh pada Rabu (23/9).


Penyaluran dilakukan sesuai kriteria Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 14 Tahun 2020 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah Berupa Subsidi Gaji/Upah bagi Pekerja/Buruh dalam Penanganan Dampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Sebenarnya, jumlah calon penerima bantuan pada tahap IV mencapai 2,8 juta pekerja. Namun, 150 ribu di antaranya datanya belum lengkap.


"Dari 2,8 juta data calon penerima tahap IV, sebanyak 2,65 juta orang yang sudah lengkap datanya telah diproses pencairan ke KPPN," ujarnya dalam keterangan resmi.

Ida melanjutkan sekitar 150 ribu data yang belum lengkap itu telah dikembalikan ke BPJS Ketenagakerjaan untuk dilengkapi. "Hal ini diperlukan agar penerima subsidi upah atau gaji tepat sasaran," imbuhnya.

Seperti diketahui, pekerja yang datanya diproses ke KPPN akan langsung ditransfer uang melalui bank penyalur baik oleh bank pelat merah maupun bank swasta lainnya. Ida menyampaikan pihaknya juga terus berkoordinasi dengan Himpunan Bank Negara (Himbara) selaku bank penyalur untuk mempercepat proses transfer.

"Kami berharap penyaluran tahap IV ini terus berjalan dengan lancar seperti tahap I,II dan III, sehingga target penyaluran pembayaran tahap pertama bantuan subsidi upah/gaji bisa tercapai," kata Ida.

Berdasarkan data Kemenaker per 22 September 2020, realisasi penyaluran subsidi upah atau gaji tahap I telah mencapai 2.484.429 orang atau 99,38 persen dari total penerima tahap I sebanyak 2,5 juta orang.

Kemudian untuk tahap II, penyalurannya telah mencapai 2.980.913 orang atau 99,36 persen dari total penerima tahap II sebanyak 3 juta orang.

Sedangkan untuk tahap III telah mencapai 3.356.866 orang atau 95 persen dari total 3,5 juta orang. Total Tahap I,II dan III sebanyak 8.822.208 penerima atau 98,02 persen dari 9 juta orang.


Ida juga menjelaskan pihaknya telah menyediakan layanan pengaduan terkait penyaluran bantuan subsidi upah/gaji melalui laman https://bantuan.kemnaker.go.id.

"Para pekerja atau buruh bisa memanfaatkannya untuk bertanya, mencari informasi ataupun mengadukan permasalahan terkait bantuan subsidi upah atau gaji," tandasnya.

(rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index