Kaki Tersangka Tertembak

Berikut Kronologi Penangkapan Jambret Di Jalan Patimura Pekanbaru Yang Diringkus di Sumbar

Berikut Kronologi Penangkapan Jambret Di Jalan Patimura Pekanbaru Yang Diringkus di Sumbar

PEKANBARU - Tim Opsnal Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Pekanbaru, kembali menangkap 1 orang lagi tersangka jambret di Jalan Pattimura beberapa waktu lalu. Dalam aksi sadisnya itu, korbannya bernama Sumiyati, terhempas ke jalan dan meninggal dunia.

Tersangka yang berhasil ditangkap ini adalah pemuda berinisial MAPP alias Abay (21). Dia diciduk di lokasi persembunyiannya di daerah Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Jumat (18/9/2020)

Tersangka Abay ini, menyusul rekannya MA alias Rian (17) untuk mendekam di penjara.

Rian sudah lebih dulu diringkus pada Selasa (8/9/2020) lalu di hotel Citismart Jalan Gatot Subroto.

"Setelah MA tertangkap, tersangka MAPP melarikan diri ke Sumbar di rumah neneknya. Kita kejar ke arah Sijunjung. Tersangka ini bergeser ke Padang. Kita lakukan pemantauan 2 hari, tersangka balik lagi ke Sijunjung. Berkat kerjasama dengan Polres Sijunjung, tersangka akhirnya berhasil ditangkap," kata Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru, Kompol Awaluddin Syam, saat ekspos kasus, Senin (21/9/2020).


Lanjut Kasat Reskrim, penangkapan terhadap tersangka terbilang cukup alot. Tersangka mencoba bersembunyi di loteng dan melarikan diri.

"Dikarenakan MAPP juga melawan, kita tidak ingin mengambil resiko, maka dilakukan tindakan tegas terukur (tembak, red)," sambung Awaluddin, didampingi Kanit Opsnal Iptu M Aprino. Dijelaskan Awaluddin, peristiwa penjambretan terjadi pada Sabtu, 29 Agustus 2020 lalu.

Saat itu korban sedang berkendara dengan sepeda motor. Korban memakai kalung besi dan emas. Kedua tersangka yang berboncengan dengan sepeda motor, datang mendekat. Salah seorang diantara mereka mencoba merampas kalung milik korban, namun tidak berhasil lepas. Akibatnya korban malah tertarik dan terjatuh. Nahasnya, korban tidak mengenakan helm, sehingga kepalanya terbentur ke aspal.

"Jadi kasus 365 (curas) yang mengakibatkan korbannya meninggal dunia, sudah terungkap. Semua tersangka sudah berhasil ditangkap," sebut Awaluddin.

Dipaparkannya, tersangka MAPP alias Abay, berdasarkan laporan polisi, dia sudah beraksi sebanyak 3 kali. Dua di Jalan Pattimura, dan satu di Jalan Soekarno Hatta.

Namun tersangka juga mengakui, ada 9 lokasi lagi tempat dia beraksi. Ini yang masih didalami oleh kepolisian. Terkait ini, Kasat Reskrim mengimbau masyarakat, supaya lebih waspada dan berhati-hati.

"Jangan terlalu menampakkan perhiasan saat mengendarai sepeda motor, atau menggunakan handphone. Para pelaku ini saat beraksi sistem hunting, berkeliling, jika ada target mereka langsung beraksi," urai mantan Kasat Reskrim Polres Dumai ini lagi.

Sementara itu, tersangka MAPP ikut dihadirkan dalam kegiatan ekspos. Ia mengenakan baju tahanan oranye dan celana pendek warna biru muda. Kaki kirinya yang terkena tembakan petugas, tampak masih berbalut perban. Ia berjalan tertatih dengan dibantu sebuah tongkat yang bagian atasnya dikepit di ketiak kiri.

Ketika ditanyai petugas, MAPP mengakui perbuatannya.

"Waktu teman saya tertangkap, saya lari ke Sumbar. Ke Sijunjung, lalu ke Padang, ndak sampai seminggu. Balik lagi ke Sijunjung," ucapnya.

MAPP mengaku panik saat mengetahui ada polisi yang datang ke rumah tempat dia bersembunyi.

"Saya lari ke arah loteng. Ada suara tembakan (peringatan). Nenek saya waktu itu tidur," bebernya.

Peristiwa penjambretan ini, mulanya dilaporkan oleh suami korban, Dedy yang merupakan purnawirawan TNI, Sabtu (29/8/2020).
Dedy mendapat informasi dari menantunya, yang mengabarkan jika korban tengah berada di RS Bhayangkara Polda Riau. Kondisi korban sudah meninggal dunia.

Dia diduga menjadi korban pencurian dengan kekerasan modus jambret yang terjadi di Jalan Pattimura, Kelurahan Cinta Raja, Kecamatan Sail, Kota Pekanbaru.

Atas kejadian itu, Dedy lantas melapor ke Mapolsek Lima Puluh, Polresta Pekanbaru. Dari serangkaian penyelidikan yang dilakukan, petugas berhasil mengidentifikasi pelakunya. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index